Pelaksanaan Program Pengembangan Tanaman Jagung Di Batang Kapas Dihadiri Wakil Bupati Rudi Hariyansyah

Realitakini.com-Pesisir Selatan
Acara pelaksanaan program pengembangan bibit tanaman jagung untuk petani Kecamatan Batang  Kapas di kantor camat setempat, Selasa (25/10).  Dihadiri Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hari yansyah Hadir lansung Camat Batang Kapas, Denny Anggara, S.STP, sekretaris camat, Bank Nagari, walinagari yang ada di Kecamatan Batang Kapas dan seluruh petani yang ada di kecamatan tersebut. 

Wabup mengatakan, selain pelaksanakan program pengembangan jagung, pada ke sempatan itu juga di laksanakan sosialisasi tentang pembiayaan atau permodalan Bank Nagari untuk para petani jagung di Kecamatan Batang Kapas.

Wabup juga berharap kepada kelompok petani bisa melakukan pinjaman ke Bank Nagari dengan syarat yang telah ditentukan dan kelayakan sesuai penilaian, karena bunganya sangat rendah sedangkan rentenir bunganya tinggi.

"Dengan adanya progam UPK (Unit Pelayan an Kerja) tersebut bisa membantu parapetani di daerah ini dalam permodalan, meningkat kan produksi jagung dan meningkatkan perekonomian. Namun petani diminta sungguh-sungguh mengembangkan tanaman jagung," harapnya.

Lebih lanjut dikatakan, Kabupaten Pesisir Selatan memiliki lahan potensial yang bisa ditanami jagung untuk peningkatan ekonomi petani. Untuk itu ia mengajak petani di Kabupaten Pesisir Selatan meman faatkan lahan terlantar dengan menanami jagung.

Manfaatnya selain menambah penghasilan para petani, lahan tanaman yang kosong juga bisa menjadi produktif kembali. Wabup menjelaskan bahwa, pengembangan sektor pertanian tanaman pangan perlu sinergi antara Pemerintah Kabupaten dengan Pemerintah Nagari dan Stakeholder yang ada di daerah ini

"Ya, Kabupaten Pesisir Selatan memiliki potensi pertanian yang cukup besar dan menjadi basis ekonomi masyarakat. Salah satu komoditi unggulan adalah jagung. Lahan potensi tadi harus digarap secara maksimal oleh petani," harapnya( Kmf/RK) 



 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama