Wabup Blitar saat memimpin Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam .

Realitakini.com- Kabuapten Blitar
Wabup Blitar Rahmat Santoso memimpin Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam di Kabupaten Blitar tahun 2022, bertempat di Aloon-Aloon Kanigoro, Senin (24/10/2022) pagi.

Dalam sambutannya, Wabup Blitar Rahmat Santoso menyampaikan, dalam menghadapi potensi peningkat an cuaca ekstrem, BMKG merekomendasikan beberapa antisipasi dan mitigasi yang perlu dilakukan stake holder maupun masyarakat.
Senin (24/10/2022)

Sambungnya, diantaranya pemerintah daerah wilayah yang terdampak perlu segera melakukan antisipasi dan mitigasi di area yang rentan terjadi bencana, seperti banjir, banjir bandang, hujan es, genangan tinggi, longsor, angin kencang, puting beliung, gelombang tinggi dan sebagainya.

Disamping itu, kata Rahmat, memastikan tata saluran air beroperasi lancar tidak terjadi sumbatan-sumbata n, mengoptimalkan tampungan atau tandon air ataupun melakukan upaya untuk memanen air hujan secara optimal.

“Disamping itu, pemangkasan pohon atau ranting, cabang-cabang pohon yang sudah rapuh. Serta memper kuat tegakan, tiang, tembok yang mudah tumbang atau roboh,” jelasnya. Wabup Blitar di dampingi Kapolres Blitar dan Dandim 0808/Blitar mengecek kesiapan alat untuk tanggap bencana

Dalam kesempatan itu, Wabup juga berharap seluruh elemen agar memahami betul daerah rawan bencana yang telah dipetakan oleh masing-masing wilayah, melakukan persiapan dan pengecekan perlengkapan penanggulangan bencana, serta berkoordinasi dengan semua pihak.

Terakhir, ia berpesan agar menginformasikan kepada masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang ditimbulkan akibat bencana alam.

“Seluruh pemangku kepentingan, elemen masyarakat termasuk relawan harus kompak mengantisipasi bencana, ketika terjadi bencana dan pasca bencana. Intinya Kabupaten Blitar harus siap siaga bencana,” pungkas Wabup Blitar.

Sekedar informasi, Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam tersebut dihadiri jajaran Forkopimda, Sekda Kabupaten Blitar Izul Marom, asisten, staf ahli, sejumlah kepala OPD dan peserta apel dari TNI-Polri serta Dinas lintas sektoral seperti BPBD, Dinsos, Dinkes, Dishub, SATPOL-PP, PMI dan Relawan. (kmf/ edy)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama