Gubernur Sumbar Dampingi Menpora Resmikan Lapangan Atletik Standar Nasional Pertama Di Luar Jawa

Realitakini.com-Padang 
Dalam rangka memantapkan persiapan Sumatera Barat (Sumbar) menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) ke XVII Tahun 2022 yang akan dilaksanakan tanggal 17-26 November 2022 mendatang, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, bersama Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi, meresmikan lapangan atletik berstandar nasional di Kompleks Universitas Negeri Padang (UNP), Kamis (3/11). 

Menpora mengatakan, lapangan atletik ini merupakan lapangan pertama yang berstandar nasional di luar pulau jawa. Ia mengapresiasi atas inisiasi Rektor UNP dalam pembangunan lapangan atletik tersebut.

”Saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada UNP, yang sudah menyiapkan lapangan atletik standar nasional,’’ kata Menpora dalam keterangannya usai peresmian.Zainudin Amali, berharap lapangan ini dapat menunjang pembelajaran mahasiswa. 

‘’Rektor tadi juga menyampaikan, lapangan ini bisa digunakan untuk masyarakat umum, dengan persyaratan yang telah ditentukan,” tambahnya.

Disamping itu ia juga berharap, lapangan atletik ini dapat menjadi Pusat Pelatihan Atletik Daerah. Dimana para atlet-atlet dapat berlatih di Lapangan ini sehingga pada PON XXI tahun 2024 di Aceh - Sumut para atlet sumbar dapat meningkatkan prestasinya. Zainudin juga berharap para atlet sumbar yang akan dikirim nantinya dapat meraih tiga besar di PON XXI Tahun 2024 nantinya. 

Gubernur Mahyeldi mengucapkan terima kasih kepada spirit dan sportifitas UNP atas inisiasi untuk membangun sirkuit atletik yang sesuai dengan Peraturan Presiden No 86 Tahun 2021 untuk Prestasi Olahraga Nasional.

“Alhamdulilah dengan adanya sirkuit atletik di UNP Pemprov Sumbar sekarang sudah mempunyai sirkuit atletik bertaraf nasional, selain untuk memenuhi kesiapan POMNAS, sirkuit tersebut dapat mengembangkan dan meningkatkan olahraga bagi para atlet maupun Mahasiswa di Sumatera Barat,” ujar Gubernur.

Disamping itu Gubernur mengucapkan terima kasih atas ditunjuknya Sumbar sebagai salah satu pelaksana Sentra Latihan Olahragawan Muda Potensial Nasional guna melaksanakan Implementasi Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 Tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yaitu untuk program pengembangan 5 (lima) cabang olahraga yaitu renang, atletik, panahan, angkat besi dan taekwondo.

Dengan diresmikannya lapangan atletik ini, menurut gubernur berharap Kemenpora untuk mendukung pembangunan stadion lainnya di Sumbar, salah satunya yaitu Stadion Utama Sumatera Barat di Sikabu Kabupaten Padang Pariaman yang pada awalnya dibangun untuk bidding persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXI agar dapat dilakukan di Sumatera Barat, yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat adalah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan Provinsi Sumatera Utara.

“Namun pembangunan sarana pendukung lainnya dilokasi tersebut masih belum dapat diselesaikan dengan baik dan membutuhkan anggaran yang cukup banyak untuk penyelesaiannya. Untuk itu dibutuhkan sinergi Pemprov Sumbar dengan Kemenpora dalam keberlanjutan pembangunan Stadion Sumbar di Sikabu, Padang Pariaman tersebut,” ucap gubernur.

Sementara Rektor UNP, Ganefri, mengatakan pembangunan lapangan tersebut sudah dimulai pada 22 juni 2022 lalu, dengan sumber pendanaan murni dari UNP. Total areal lapangan sebesar 15.735 meter persegi. Tersedia berbagai cabang olahraga atletik  mulai dari lari, lompat jauh, lempar cakram, lempar lembing, dan lainnya.

“Terimakasih atas buah tangan Menpora RI atas ditetapkannya lapangan atletik sebagai DBON (Desain Besar Olahraga Nasional), sehingga kami bisa membangun lapangan yang memenuhi standar untuk mencetak atlit yang berprestasi,” ucapnya. (Via/MMC/Diskominfotik Sumbar/RK)

Post a Comment

Previous Post Next Post