Jadi Inspektur Upacara Hari Pahlawan Nasional, Sekda Hansastri: Bangsa Yang Besar Merupakan Bangsa Yang Menghargai Jasa Pahlawannya.

Realitakini.com-Padang
Peringati Hari Pahlawan Nasional, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional yang dipimpin langsung oleh Gubernur Sumatera Barat, diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar, Hansastri, sebagai Inspektur Upacara, di Halaman Kantor Gubernur Sumbar, Kamis (10/11/2022).

Upacara yang dimulai pukul 08.00 WIB yang diawali dengan mengenang arwah para pahlawan dan dilanjutkan dengan mengenang pertempuran 10 November dengan membunyikan sirine tersebut ber langsung dengan khidmat. Sekda Hansastri selaku inspektur upacara membacakan amanat Menteri Sosial RI.Upacara yang bertema "Pahlawanku Teladanku" Sekda Hansastri memberikan semangat kepada peserta upacara untuk menghidupkan kembali semangat perjuangan para pahlawan bangsa. 

"Dari para pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan kemerdekaan, penting kita resapi semangat dan keikhlasannya," papar Sekda Hansastri. Pelaksanaan upacara peringatan hari ini juga menurut Hansastri dapat menjadi momentum dalam mem bangun ingatan kolektif bangsa, agar dapat mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur para pahlawan. 

"Hari ini kita mengenang jasa para pahlawan kita yang jasanya sangat besar, sehingga kita bisa merdeka, maju seperti sekarang," ujarnya. "Para pahlawan telah memperjuangkan semuanya baik jiwa, waktu, tenaga, serta pikiran. Kita lah yang harus meneruskan perjuangan para pahlawan," lanjutnya. 

Sekda Hansastri juga berharap agar generasi muda tetap mempelajari sejarah hari pahlawan ini untuk dihayati bersama, sehingga mereka dapat mengambil tauladan dan nilai-nilai luhur dari para pahlawan. "Kita harus menghargai jasa para pahlawan, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan," tutupnya. 

Tampak hadir pada upacara pagi hari tersebut dihadiri Forkopimda, seluruh kepala OPD lingkup Pemprov Sumbar dan undangan lainnya. Setelah upacara, rangkaian peringatan Hari Pahlawan 2022 di Sumatera Barat dilanjutkan dengan tabur bunga di TMP Kesuma Negara dan kawasan Teluk Bayur Padang. (Via/MMC/Diskominfotik Sumbar/ RK)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama