Menjadi Tokoh Inspiratif, Mahasiswa Program MBKM Berdikusi dengan Fadly Amran


Realitakini.com - Padang Panjang.
Dianggap sebagai tokoh inspiratif dalam dunia pendidikan, mahasiswa program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) temu ramah dan berdiskusi langsung dengan Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, Ahad (27/5) di Pendopo Rumah Dinas Wako.

Mahasiswa yang berdiskusi dengan Wako Fadly ini merupakan mahasiswa yang sedang mengikuti pertukaran mahasiswa merdeka di UMSB melalui program MBKM Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Dalam diskusi tersebut, Fadly berkesempatan menyampaikan banyaknya tokoh tokoh pendidikan yang lahir di Kota Serambi Mekkah ini. Dan, juga banyak sekolah yang bersejarah seperti Diniyyah Puteri dan Thawalib yang menggambarkan kalau Padang Panjang adalah Kota Pendidikan.

"Berlandaskan dengan sejarah Padang Panjang, pendidikan ini pun kami tuangkan dalam visi misi Kota Padang Panjang yaitu, Padang Panjang bermarwah dan bermarbat," ucapnya.

Selain itu Fadly juga mengatakan, sebagai generasi muda, mahasiswa selain harus mempunyai ilmu juga harus mempunyai karakter. Dan hal itu yang harus ditanamkan dari sejak dini.

"Sebagai mahasiswa yang nantinya akan menjadi penerus bangsa dimasa depan harus mempunyai tiga bekal. Pertama kejujuran, kedua disiplin. Yang terakhir, jujur dan disiplin. Semuanya tidak akan berdampak atau berkontribusi untuk orang lain, apabila kita tidak bisa action. Karena semuanya tidak akan berlaku apabila kita tidak bisa action di tengah masyarakat," tegasnya.

Sementara itu, Dosen Modul Nusantara UMSB, Fadil Maiseptian, M.Pd menyebutkan, tahun ini merupakan tahun kedua kampusnya dipercaya untuk menjalankan program MBKM, dengan jumlah pertukaran mahasiswa sebanyak 18 orang yang terdiri dari 11 universitas se-Indonesia.

"Yang kita lakukan hari ini adalah kegiatan modul nusantara yang merupakan kegiatan berdiskusi atau pembelajaran singkat bersama tokoh inspiratif dari bidang pendidikan, kebudayaan dan entrepreneur. Dan, kami memilih Bapak Fadly Amran sebagai tokoh inspiratif dari aspek pendidikan," jelasnya.

Dengan dilakukan pembelajaran singkat tersebut, Fadil mengharapkan mahasiswa ini mempunyai bekal untuk belajar dan spirit untuk berkembang. Serta mereka memiliki dampak positif lagi bagi masyarakat sebagai generasi penerus dimasa yang akan datang. (Abe)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama