Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tanah Datar, Ranperda APBD Tahun 2023 Disepakati


Realitakini.com Tanah Datar                              -Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Tanah Datar menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Pengambilan keputusan Terhadap Ranperda APBD Kabupaten Tanah Datar Tahun Anggaran 2023, Jum'at (18/11/2022) di Aula Rapat Kantor DPRD setempat..

Dihadiri Bupati Eka Putra, Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. Bungsu didampingi Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra dan Saidani dihadiri 28 anggota dan Sekretaris Dewan Yuhardi, dan turut hadir Forkopimda, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat dan Wali Nagari se Tanah Datar dan tamu undangan lainnya.

Sebelumnya dalam sambutannya, Ketua Tim Banggar DPRD Tanah Datar Anton Yondra, membacakan hasil pembahasan Ranperda APBD tahun 2023 yang telah disepakati bersama yang dilaksanakan tanggal 17 November 2022, dengan hasil rumusan Pendapatan sebesar Rp. 1.242.419.460.850,00, Belanja sebesar Rp1.302.669.460.850,00 dengan Surplus/Defisit Rp 60.250.000.000,00.

Anton Yondra juga menambahkan, kesepakatan tersebut telah disetujui fraksi-fraksi pada pendapat akhir 8 fraksi yang disampaikan masing-masing juru bicaranya.

"Fraksi  PKS  dengan juru bicara Nurzal, Fraksi Nasdem dengan juru bicara Nova Hendria, Fraksi PAN dengan juru bicara Alimuhar St. Tunaro, Fraksi partai Gerindra dengan juru bicara Jonnedi, Fraksi Perjuangan Golkar dengan juru bicara Herman Sugiarto, Fraksi partai Demokrat dengan juru bicara Syafril, Fraksi partai Hanura dengan juru bicara Benny Apero, Fraksi PPP dengan juru bicara Arianto," tutur Anton Yondra.

Sementara itu Bupati Eka Putra dalam rapat tersebut   menyampaikan, bahwasanya Pemerintah Tanah Datar terus berupaya meningkatkan pembangunan  untuk peningkatan perekonomian masyarakat, ini dibuktikan dengan meningkatnya Dana Alokasi Khusus (DAK) dalam perencanaan tahun anggaran 2023 sebesar 31 Milyar.

Untuk itu menurut Bupati Eka Putra, upaya mencapai target pembangunan pada tahun 2023 dengan pencapaian target RPJMD tahun 2021-2026 melalui pelaksanaan program unggulan daerah. Namun ditengah ketergantungan daerah terhadap dana transfer, pada tahun anggaran 2023 terjadi perubahan regulasi terkait dana transfer, khususnya Dana Alokasi Umum (DAU).

"Untuk menutupi keterbatasan dana alokasi umum tersebut, alhamdulillah berkat koordinasi intensif Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Pusat, untuk tahun anggaran 2023 ini terjadi peningkatan alokasi DAK fisik yang cukup signifikan dari sebelumnya sebesar 59 milyar pada tahun anggaran 2022, bertambah sebesar 31 milyar menjadi 90 milyar pada tahun anggaran 2023," kata Bupati.

Dikesempatan tersebut Bupati Eka Putra juga sampaikan ucapan terima kepada Ketua,  beserta  anggota dewan yang terhormat, Forkopimda Tanah Datar, pimpinan OPD dan seluruh jajaran yang telah berupaya menyelesaikan perencanaan anggaran tahun 2023 mendatang.

Diakhir sambutan Bupati Eka Putra, mengingatkan kepada pimpinan OPD dan jajaran untuk dapat tetap profesional dengan mempedomani peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan kondisi kerja yang kondusif, inovatif serta kreatifitas yang tinggi, untuk dapat mewujudkan visi dan misi pada RPJMD kabupaten Tanah Datar Tahun 2021-2026. (**)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama