Walikota Deri Asta Wisuda 587 Santri Rumah Tahfidz Kota Sawahlunto


Realitakini.com Sawahlunto                               -Sebanyak 587 orang santri rumah Tahfidz di Kota Sawahlunto diwisuda oleh Wali Kota Deri Asta,  SH, Senin 28/11/2022) di lapangan Ombilin Kota tersebut.

Dikutip dari laman Humas Pemko Sawahlunto, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdako Sawahlunto Irwan mengatakan santri yang diwisuda tersebut terdiri dari kriteria satu, dua, tiga, empat, lima, enam, tujuh dan sepuluh juz. 

"Total semua santri yang diwisuda ada 587 anak. Rinciannya dari satu juz ada 475 anak, dua juz ada 78 anak, tiga juz ada 17 anak, empat juz ada sembilan anak, lima juz ada lima anak, setelah itu enam, tujuh dan sepuluh juz ada masing-masing satu anak," ujar Irwan merinci.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan, Pemko Sawahlunto memberikan perhatian khusus dan menjaga komitmen dalam mendukung keberadaan rumah-rumah tahfidz.

"Rumah tahfidz berperan besar untuk membentuk generasi penerus Sawahlunto yang pandai mengaji Al-Quran dengan baik dan benar sekaligus bisa memahami dan menerapkan syariat Islam seperti yang disampaikan dalam Al-Quran," kata Wali Kota Deri.

Hal itu kata Wali Kota Deri Asta sesuai dengan misi pertama Pemko Sawahlunto yang berbunyi "menciptakan kehidupan beragama dan berbudaya yang semakin baik". 

"Bentuk perhatian dan dukungan Pemko Sawahlunto pada rumah tahfidz salah satunya adalah dengan melakukan pembinaan. Untuk rumah-rumah tahfidz yang dibina Pemko maka guru di sana diberikan honor/insentif," ujar Wali Kota Deri Asta.

Disebutkan Wali Kota Deri, setiap tahun rumah tahfidz binaan Pemko  Sawahlunto terus bertambah.

"Tercatat pada 2021 ada 36 rumah tahfidz, kemudian di 2022 ini ditargetkan ada 50 rumah tahfidz yang dibina Pemko Sawahlunto," kata Wali Kota Deri.

Kepada para santri, Wali Kota Deri Asta menyampaikan selamat dan berpesan agar setelah wisuda ini dapat meningkatkan semangat dalam mengaji atau meningkatkan hafalan untuk juz selanjutnya.

"Kami mengapresiasi dan berterimakasih kepada seluruh guru rumah tahfidz dan para orang tua santri. Sinergi dari guru dan orang tua telah berhasil menumbuhkan santri-santri yang hebat, terbukti sekarang sampai 587 anak yang diwisuda," tutup Wali Kota Deri Asta. (**)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama