Anggota DPRD Sumbar Arkadius Dt Intan Bano, Salurkan Bantuan Budidaya Ikan Kepada 10 KWT Tanah Datar


Realitakini.com Tanah Datar                              - Ir H. Arkadius Dt Intan Bano, MM. MBA, anggota DPRD Propinsi Sumatra Barat dari Fraksi Demokrat, salurkan bantuan Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber) Ikan Lele, kepada 10 Kelompok Wanita Tani (KWT), Jum'at (09/12/2022) di Aula Kantor Dinas Pangan dan Perikanan kabupaten Tanah Datar.

Dalam sambutannya Arkadius Dt Intan Bano mengatakan, dalam program tersebut masyarakat tidak harus memiliki pekarangan rumah yang luas, karena tingkat kemudahan lewat sebuah ember pun sudah cukup. "Satu hal yang terpenting yakni budidaya ikan lele bisa berjalan, dengan catatan harus benar-benar terawat dan teliti," ujarnya.

Sebagai Anggota DPRD Sumbar yang peduli terhadap konstituennya, Arkadius Dt Intan Bano pun berharap, dengan adanya program ini bisa memulihkan perekonomian, serta bisa memberikan motivasi kepada masyarakat di masa pasca pandemi Covid-19. 

Lebih lanjut Arkadius Dt. Intan Bano sampaikan, seperti yang diketahui, Budikdamber merupakan teknik budidaya ikan ramah lingkungan, yang memadukan antara budidaya ikan dan sayuran, dengan menggunakan sarana ember sebagai wadah budidaya ikan, serta memanfaatkan air media budidaya untuk pertumbuhan tanaman. 

"Budikdamber juga menjadi solusi potensial bagi budidaya perikanan dilahan yang sempit dengan penggunaan air yang lebih hemat. Tahapan proses Budikdamber dimulai dari persiapan wadah, persiapan benih ikan, persiapan bibit sayuran, penebaran benih ikan, penanaman bibit sayuran, pemeliharaan ikan dan sehingga proses panen," ujar Arkadius Dt Intan Bano yang digadang-gadang akan memenangkan kursi DPR RI tahun 2024.

 Disampaikan Dt Intan Bano, Pendampingan ditekankan dalam menjaga kualitas air, perawatan ikan dan sayuran selama budidaya ikan dalam ember, karena membudidayakan ikan dan sayuran tentu tidak selesai begitu saja, setelah semua diletakkan dalam ember. Perlu melakukan perawatan rutin agar ikan dan sayuran tumbuh dengan baik dan bisa dipanen untuk konsumsi.

Terakhir dalam arahannya, Dt Intan Bano mengatakan, bahwa masih banyak bantuan yang bisa diminta oleh masyarakat, terkait peningkatan ekonomi masyarakat. Seperti mesin bajak, bibit tanaman perkebunan, bantuan ternak, dan lainnya. 

"Untuk kedepannya, masyarakat diminta proaktif berkomunikasi dengannya, supaya bantuan tersebut bisa didapatkan," tutup Arkadius Dt Intan Bano. (**)

Post a Comment

Previous Post Next Post