Fadly Amran Harapkan Art Fest Jadi Festival Terbesar di Sumbar


Realitakini.com - Padang Panjang
Menampilkan berbagai pertunjukan seni, Closing Ceremony Padang Panjang Art Fest II-2022 berlangsung meriah, Kamis (1/12) malam di Amphiteater Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM).

Ditutup dengan menampilkan berbagai kolaborasi pertunjukan seni tari, lukis dan puisi, Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano berharap kegiatan ini menjadi festival seni budaya literatur terbesar di Sumatera Barat.

"Ditahun ini banyak sekali event yang gelar di Padang Panjang seperti Art Fest, Temu Penyair Asia Tenggara (TPAT) II-2022, dan sebagainya. Ini tentu akan lebih kita konkretkan ke depan dengan menggabungkan semuanya untuk menjadi embrko kegiatan yang menjadi ikon Padang Panjang. Perpaduan antara pendidikan, seni dan budaya," tuturnya saat menutup secara resmi Art Fest.

Selain itu, Fadly juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi seluruh seniman serta seluruh pihak yang sudah menyukseskan kegiatan Art Fest. Semua yang terlibat, menjadi bagian perjalanan Padang Panjang bukan hanya sebagi Kota Pendidikan tetapi juga sebagai Kota Para Seniman.

Adapun pertunjukan yang ditampilkan di antaranya kolaborasi dengan ISI Padangpanjang dengan penampilan Tari Awan Bentan koreografer, Dr. Rasmida. Tari Piriang Suluah dari Sanggar Aguang, Tari Geminai koreografer M. Aksal. Penampilan video Art Wonderful Siregar, Aku dan Sukmaku karya tari kontemporer oleh M. Arif Budiman.

Lalu pembacaan syair puisi Hudan Nurdari dengan judul "Air Mata Loktabat", puisi "Hutan dan Budaya Melayu" oleh Siti Salmah, dan puisi oleh Tarmizi dari Rumah Hitam Batam. Yang mana penyair-penyair ini merupakan peserta TPAT II-2022.

Selain itu juga dimeriahkan penampilan seni lukis oleh salah satu maestro atau seniman lukis, Hamzah. Pertunjukan kolaborasi musik tradisional, modern dan kontemporer dari Sanggar Darak Badarak. Serta penampilan monolog Chairil Anwar oleh Darminta.

Turut hadir, Sekdako, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, asisten, OPD, akademisi ISI, seniman Art Fest, seluruh penyair TPAT II-2022, dan masyarakat. (Abe)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama