Jasma Juni Dt. Gadang Anggota DPRD Sumbar Peduli Ekonomi Kerakyatan

Realitakini.com-Sumbar 
Jasma Junu  Dt Gadang yang merupakan Anggota DPRD Sumbar dari Dapil II (Padang Pariaman dan Kota Pariaman), dihadapan 80 peserta Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) 2022 Gelombang IV menegas kan, sebagai salah seorang wakil rakyat. Saya akan  konsen membangun dan mengembangkan ekonomi kerakyatan terutama di nagari-nagari di Padang Pariaman dan Kota Pariaman. Bahkan, tekad Pemeritah Provinsi Sumatera Barat menumbuhkan 100 ribu enterpreneur (wira usaha) baru merupakan usaha yang patut didukung penuh.

Kegiatan ini diinisiasi Anggota DPRD Sumbar Jasma Juni (JJ) Dt Gadang SE., dengan menggunakan Program Pokok Pikiran (Pokir) nya.Untuk itu, kata JJ Dt. Gadang, salah satu upaya yang ia lakukan yakni dengan mengaplikasikannya dalam penempatan dana Pokir di berbagai kegiatan yang mengarah ke arah yang mendukung dan menumbuhkan wira usaha baru, dalam kerangka peningkatan dan pengembangan ekonomi kerakyatan di Sumatera Barat, terutama di Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman.

Disambung JJ Dt Gadang, kegiatan ini dirancang dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan para anggota Pelaku Ekraf dan tokoh masyarakat dalam rangka pengambangan kemampuan SDM Ekraf di lokasi masing-masing peserta di Kabupaten Padang Pariaman.

JJ Dt. Gadang berharap, setelah mengikuti Bimtek ini peserta bisa membawa pengetahuan dan wawasan yang didapat untuk mengembangkan kegiatan Ekraf di nagari-nagari yang ada di Kabupaten Padang Pariaman.

"Semua peserta diharapkan menjadi mentor dalam pengembangan dan kebangkitan Ekraf di nagarinya. Sehingga berdampak luas dalam membantu perekonomian di tengah masyarakat," ujar Anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Partai Gerindra ini.

"Kami berharap nantinya para peserta akan semakin bertambah wawasannya dalam bidang ekonomi kreatif dan semakin berkembang usahanya", pungkas JJ Dt. Gadang.(arif)

Sedangkan  disis lain Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekraf Dinas Pari wisata (PSDPE Dispar) Sumbar, Drs. Raymon, M.Pd, menegaskan, peran pelaku ekonomi kreatif(ekraf) sangat penting untuk menggerakkan perekonomian. Karena itu dibutuhkan peningkatan pe ngetahuan para pelaku ekonomi kreatif tersebut, agar mampu bersaing dalam pemasaran produknya.Penegasan ini disampailkan Raymon, saat mewakili Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaku Ekonomi Kreatif sub kegiatan fasilitasi pengembangan kompetensi sumber daya manusia ekonomi kreatif Gelombang IV, di Hotel Rocky Plaza Padang, Senin (12/12/2022)Menurut Raymon, ada 17 sub sektor ekonomi kreatif dan 11 di antaranya berbasis teknologi. Sedangkan 6 lainnya berbasis budaya.

"Kemajuan teknologi dan informasi harus kita akomodir, agar kita bisa mengikuti perkembangan zaman Semuanya membutuhkan orang orang kreatif dan inovatif. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu pelaku ekraf untuk bisa memilih bidang mana yang ingin mereka tekuni untuk meningkatkan per ekonomiannya", kata Raymon.

Ketua Panitia Pelaksana Riki Suryadi MPar, yang juga Pejabat Fungsional Dinas Pariwisata Sumbar menyebutkan, Bimbingan Teknis (Bimtek) ini diikuti 80 peserta dari Kabupaten Padang Pariaman. (*RK) 

Post a Comment

Previous Post Next Post