LKAAM Sumbar Inisiasi Minangkabau Marandang 10 Ton Untuk Cianjur

Realitakini.com-Padang
Becermin dari musibah gempa yang menimpa Sumatera Barat tahun 2009 silam, bantuan dari berbagai pihak sangat besar artinya bagi masyarakat yang terdampak. Itupula yang menjadi alasan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar menginisiasi 'Minangkabau Marandang 10 Ton Untuk Cianjur.'

Program kepedulian sosial LKAAM Sumbar tersebut diresmikan oleh Gubernur Sumbar yang diwakili Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Syaifullah, bertempat di halaman Balairung Marawa Basa, Gedung LKAAM Sumbar, Kompleks Masjid Raya Sumbar, Senin (5/12/2022).Dalam sambutannya Syaifullah mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengapresiasi kegiat an Minangkabau Marandang 10 Ton Untuk Cianjur, dalam rangka membantu saudara di Cianjur yang sedang ditimpa musibah.

"Marandang sarat dengan makna kebersamaan dan keharmonisan. Mulai dari menentukan besar kecil nya api, komposisi bumbu, harus pas. Tidak bisa sama banyak semuanya, masing-masing ada takaran nya. Ini juga berarti perwujudan kekompakkan masyarakat Minangkabau untuk membantu warga Cianjur," kata Syaifullah.

Ditambahkan Syaifullah, kegiatan Marandang juga mendukung pelestarian budaya Minangkabau.Ketua LKAAM Sumbar, Fauzi Bahar, Dt. Nan Sati menyebut bantuan randang yang ditargetkan mencapai 10 ton merupakan bantuan dari seluruh masyarakat di ranah maupun di rantau yang telah memberikan donasinya melalui LKAAM. Hari Rabu minggu ini menurut Fauzi akan mulai dikirim sebanyak 2 ton.

"Kita tau persis bagaimana penderitaannya ketika Sumbar dilanda gempa 13 tahun lalu. Bantuan ber datangan dari banyak pihak. Karena itu kita ingin berbagi, memberikan kebahagiaan serupa bagi masyarakat Cianjur dan Garut, sebagai wujud kepedulian masyarakat Minangkabau bagi siapa saja yang terkena bencana," ungkap Fauzi.Fauzi Bahar juga mengajak segenap warga masyarakat Minangkabau yang ada di ranah maupun di rantau untuk ikut serta menyisihkan bantuan melalui LKAAM Sumbar. Bantuan akan terus dihimpun hingga akhir tahun ini.

Dalam peresmian Minangkabau Marandang tersebut, terdapat 10 kuali besar untuk marandang yang di koordinir oleh koki Uda Dian. Turut hadir dalam peresmian dan ikut marandang, Sekretaris Umum LKAAM Sumbar Jasman Rizal, Dt. Bandaro Bendang, Perwakilan Forkopimda dari Lantamal II Padang, Lanud Sutan Syahrir, Korem 032/WB, Kejaksaan Tinggi Padang, OJK Sumbar serta Kadis Kominfo Kota Padang.(doa/MMC/Dinas Kominfotik Sumbar/ RK)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama