Musda KNPI Pasaman, Haryadi; Pengurus Harus Mampu Bermitra dan Kerjasama dengan Pemkab

Realitakini.com -- Pasaman 

Musyawarah Daerah (Musda) DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Pasaman yang akan berlangsung 28 Desember diharapkan menghasilkan regenerasi kepemimpinan Pemuda di Pasaman.

"Ya, sebanyak itu OKP di Pasaman ini, carilah yang terbaik dan mampu mempersatukan para pemuda, dan yang tidak kalah penting harus mampu bermitra dan bekerjasama dengan Pemkab Pasaman",. ujar Haryadi, pengurus Kompartemen Organisasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Persatuan Alumni (PA) GMNI kepada media ini, Selasa (27/12/2022). 

Sebagai eks aktivist mahasiswa di zamannya, dan pernah aktif di KNPI Haryadi berharap siapapun orang yang terpilih memimpin KNPI Kabupaten Pasaman melalui Musda, bisa bersinergi dan bermitra dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman di bidang kepemudaan.

Haryadi menjelaskan, sebagaimana di daerah lain, tentu ranah Pemkab kemudian memberikan dukung an kepada para pemuda, salah satunya memberikan bantuan yang diperlukan oleh KNPI sebagai salah satu organisasi pemuda, agar para pemuda Kabupaten Pasaman bisa terus berkarya dalam pembangunan.

"Harapan saya secara pribadi, yang terpilih tentu yang luwes, mampu mengakomodir, dan kita berharap calon terpilih ini bisa bersinergi dan bermitra dengan Pemkab di bidang kepemudaan," tandas Haryadi.. 

Soal Musda KNPI Kabupaten Pasaman, eks pengurus KNPI dan eks MPI KNPI ini berpesan, laksana kanlah Musda dengan sebaik-baiknya, jangan ada yang aneh-aneh yang dapat memantik peserta atau memantik calon yang merasa dirugikan dan lain sebagainya. 

"Kita belajar berdemokrasi dengan baik, para calon ketua harus bisa menjaga kondusivitas dan menjadi teladan. Tugasnya adalah mengurus pemuda, memfasilitasi pemuda, bukan untuk sekedar mencari kekuasaan," ujar Haryadi.

Haryadi mengajak, pemuda Pasaman melalui KNPI harus mampu satukan visi dan misi dengan Pemkab Pasaman dengan visi misi pemuda. Tentunya sebagai mitra, Ketua KNPI yang akan terpilih nantinya harus ikut menyukseskan dan menjaganya.

Pada sisi lain Haryadi juga menuturkan, Musda kali ini adalah momentum yang sangat baik dan penting untuk para pemuda, dan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh pengurus KNPI. Bukan hanya sekedar membahas visi misi, gagasan, atau program, tetapi diharapkan  menetukan siapa yang akan memimpin KNPI Pasaman selama beberapa tahun kedepan. 

"Untuk semua kandidat ketua yang sedang bermunculan dan akan bertarung, harus menjaga kekuatan dan kebersamaan KNPI Kabupaten Pasaman. Tidak boleh ada perpecahan, dinamika itu soal biasa tapi jangan sampai membuat pemuda Kabupaten Pasaman terbelah," ujarnya. 

Haryadi menegaskan, belajar dari sejarah pergerakan bangsa pemuda akan selalu kuat ketika kompak, maka jangan biarkan ada pihak-pihak yang memecah belah. Kemudian, siapapun yang terpilih menjadi Ketua KNPI Kabupaten Pasaman nanti, tidak hanya memikirkan diri dan kelompoknya sesuai backround OKP, tapi harus memikirkan masa depan kepemudaan di Kabupaten Pasaman.

"Tantangan di Kabupaten Pasaman sangat banyak, maka bantulah bapak Bupati Pasaman, bantulah Ketua DPRD Kabupaten Pasaman, dan bantulah jajaran Forkopimda Kabupaten Pasaman dalam mensukseskan Pembangunan," tuturnya. 

Haryadi menghimbau, para Pemuda harus mampu menjadikan momentum Musda kali ini sebagai momen merangkai masa depan pemuda dan Kabupaten Pasaman. Tuangkanlah ide dan gaasan kita sebagai pemuda untuk membangun masa depan kepemudaan di Kabupaten Pasaman. terangnya.(Nurman)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama