Perdana Di Kabupaten Sijunjung, Bupati Benny Dwifa Lepas Petugas "Sicantik" Di Nagari Palaluar

Realitakini.com--Sijunjung
Petugas pendataan Sistem Informasi Data Nagari Cinta Statistik (Sicantik) Nagari Palaluar, Kecamatan Koto VII di lepas Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir di halaman kantor Wali Nagari setempat, Selasa pagi (6/12/2022). 

Pelepasan petugas tersebut ditandai dengan pemasangan topi, pemasangan ID Card dan penyerahan baju lapangan oleh Bupati Benny kepada para petugas. Diketahui, Nagari Palaluar menjadi Nagari perdana di Kabupaten Sijunjung yang akan melakukan pendataan dengan petugas sebanyak 45 orang. 

Turut hadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) David Rinaldo, Kepala BPS Riqadli, Camat Koto VII Elko Febri Marola, S.STP, Forkopincam dan para undangan lainnya. Demiki an disampaikan oleh Kasi Humas Kominfo Sijunjung Hendru Young, kepada awak media.

Bupati Sijunjung dalam arahannya mengatakan, melalui data yang bersifat Bottom Up (dari bawah), Nagari akan menjadi basis data yang akan di sinkronkan dengan BPS untuk mewujudkan data yang sesuai dengan prinsip Satu Data Indonesia. 

"Dengan dilepasnya petugas Nagari Palaluar yang menjadi Nagari perdana di Kabupaten Sijunjung ini, semoga dapat memberi semangat untuk Nagari Statistik yang lain, dan semua nagari agar menjadi basis penyediaan data, untuk mewujudkan Satu Data Indonesia (SDI) sesuai peraturan presiden nomor 39 tahun 2019," harap Benny. 

"Kami mengajak seluruh Wali Nagari, Operator Data dan Pencacah berkomitmen untuk berperan aktif dan bersinergi dengan BPS, Dinas Kominfo dan semua pihak yang terkait dengan pengelolaan nagari statistik, sehingga pada tahun 2023 kita bisa mewujudkan Kabupaten Sijunjung sebagai Kabupaten Statistik. Untuk para pencacah agar melaksanakan pendataan dengan serius dan sesuai dengan fakta di lapangan, semoga pencacahan ini memberikan hasil yang baik untuk pengelola data pembangunan Sijunjung kedepan," pesannya. 

Kepala BPS Kabupaten Sijunjung Riqadli, berharap dukungan semua pihak dalam mewujudkan satu data nagari, Satu Data Indonesia sebagai dasar penentuan kebijakan bagi kesejahteraan masyarakat. Dan Nagari sangat berperan penting dalam evaluasi dan perencanaan pembangunan.

Wali Nagari Palauar, Ebid Diana Putra mengatakan dalam mewujudkan Visi dan Misi, Nagari Palaluar memiliki 7 program prioritas, yg paling utama adalah 'Palaluar dalam angka'. Ini bukti bahwa mereka "concern" dengan data.

Untuk itu, terimaksih kepada Kadis Kominfo dam kepala BPS yang telah banyak membantu, dan mem falisitasi Nagari Palaluar," ungkap Ebid. (Hasnawati)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama