Buka Rakor Camat, Wali Nagari dan Bamus Ini Pesan Bupati Pasaman

Realitakini.com -- Pasaman 
Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman menggelar rapat koordinasi (Rakor) Camat, Wali Nagari dan Ketua Bamus se Kabupaten Pasaman di  aula lantai III Kantor Bupati Pasaman, Kamis (5/1/2022).

Bupati Pasaman, H.Benny Utama mengawali sambutannya mengucapkan selamat bertugas kepada 33 wali nagari yang  baru dilantik pada 26 Desember 2022 yang lalu.

"Saya melihatnya semua wajah baru, mudah - mudahan juga bisa memberikan warna yang baru dalam penyelenggaraan Pemerintahan Nagari khususnya Kabupaten Pasaman,"ujarnya.

Benny Utama juga mengajak kepada Wali Nagari yang baru dilantik segera terutama untuk menyusun RPJM dan RKP Nagari .

"Ini sesuai dengan Perda Kabupaten Pasaman Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pedoman Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan Nagari,"ungkap Benny Utama.

Benny Utama juga menekankan kepada Wali Nagari, Ketua Bamus beserta Camat agar segera menyelesaikan dokumen APB Nagari Tahun 2023.

"APB Nagari merupakan dokumen resmi yang mempunyai kekuatan hukum dan menjamin kelayakan sebuah rencana kegiatan dari segi anggaran, sehingga dapat mengoptimalkan kelayakan hasil kegiatan secara teknis,"tuturnya.

Selanjutnya, Bupati menekankan beberapa hal kepada wali nagari dalam penyelenggaraan pemerintahan nagari, 

Pertama, Wali Nagari agar melaksanakan pengelolaan Anggaran Dana Nagari (ADN) secara transparan dan akuntabel, serta hindari korupsi, kolusi dan nepotisme.

Kedua, Wali Nagari dan, Bamus agar menjalin komunikasi yang baik dan terus berkonsultasi dengan Camat yang merupakan pembina wali nagari di tingkat Kecamatan demi kemajuan nagari dalam rangka mewujudkan masyarakat Pasaman yang lebih baik dan bermartabat.

Ketiga, berdayakan seluruh lembaga yang ada di nagari dalam rangka menunjang dan menyukseskan program yang telah dirancang bersama Pemerintah Nagari.

Keempat, jadilah pemimpin nagari yang inovatif, yang akan membawa perubahan di nagari menjadi lebih baik.

Kelima, terbuka dan responsif terhadap kritikan, tuntutan dan kebutuhan yang disampaikan warga nagari, dan 

Keenam, kepada Camat dan SKPD terkait agar melakukan pembinaan, pengawasan serta mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan nagari berkala sehingga wali nagari tidak terjebak dengan permasalahan hukum.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah, Drs. H Mara Ondak, Kepala SKPD terkait, Camat, Wali Nagari dan Ketua Bamus se Kabupaten Pasaman. (Nurman)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama