Esok Masjid Agung Dharmasraya Diresmikan Menteri PUPR RI Akhirnya Penantian Ummat Islam Dharmasraya Akan Segera Berujung

Realitakini.com-Dharmasraya 
Setelah mengunggu empat tahun, akhirnya penantian Ummat Islam khususnya di Kabupaten Dharmasraya akan segera berujung. Dimana Mesjid Agung Dharmasraya, yang sudah dimulai pembangunannya sejak tahun 2018 akan diresmikan pada Jum’at (06/01/2023) esok.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, seusai rapat pematangan persiapan peresmian, pada Rabu (04/01/2023) mengatakan, rumah ibadah megah ini akan diresmikan langsung Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) Republik Indonesia, Basuki Hadimuljono.

“Alhamdulillah penantian panjang kita semua Insyaallah akan berakhir pada Jum’at esok, dimana Pak Menteri PUPR telah mengkonfirmasi kesediaan beliau untuk meresmikan langsung mesjid kebanggan kita ini,” terang Sutan Riska
.
Sutan Riska menjelaskan, peresmian akan dimulai pada pagi Jum’at pukul 08.45 WIB, setelah menteri Basuki melakukan pendaratan helikopter di salah satu lapangan sepakbola di Kabupaten Dharmasraya.

“Menyesuaikan jadwal pak menteri, prosesi peresmian kita lakukan pagi hari. Jadi setibanya beliau di Dharmasraya langsung melucur ke lokasi Masjid Agung,” jelas Sutan Riska.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, Adlisman, melalui Kepala Bagian Adminis trasi Kesejahteraan Rakyat, Sarbaini Chan menjelaskan, prosesi peresmian terbuka untuk umum. Siapa saja yang ingin menyaksikan momen bersejarah itu dipersilakan untuk hadir.

“Pada dasarnya kami telah mengirimkan undangan secara resmi kepada seluruh elemen ummat Islam Kabupaten Dharmasraya. Akan tetapi jika ternyata undangan belum sampai, maka melalui kabar ini kami menyampaikan undangan kepada seluruh ummat Islam di manapun berada,” kata Sarbaini.

Lanjut Sarbaini, setelah prosesi peresmian selesai, Masjid Agung Dharmasraya akan langsung meng gelar ibadah ritual pertama di masjid yang berdiri di atas tanah 6 Hektare lebih itu.

“Insyaallah, setelah rangkaian acara peresmian selesai, kita langsung menyelenggarakan Shalat Jum’at pertama di Masjid Agung,” ungkapnya.Adapun yang akan bertindak selaku khatib shalat Jum’at pertama di Majid Agung Dharmasraya adalah Prof. Dr. H. Hasan Zaini, MA. Beliau merupakan Guru Besar UIN Imam Bonjol Padang, sekaligus Ketua Pengurus Harian Masjid Agung Dharmasraya, yang baru saja dikukuhkan Sutan Riska.

Sedangkan yang bertindak selaku Imam Shalat Jum’at pertama adalah Dolizal Putra. Beliau merupakan Qari Dharmasraya yang pernah menjuarai MTQ Tinggkat Nasional. Selain itu Ia juga telah dinobatkan sebagai imam tetap di masjid yang terletak persis di jalur lintas Sumatera Gunung Medan itu.(FR*/RK)

Post a Comment

Previous Post Next Post