Bupati Eka Putra Launching Program Revitalisasi 42 RTLH Baznas Tanah Datar

Realitakini.com Tanah Datar                               -
Bupati Eka Putra, SE, MM Launching  peletakan batu pertama rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tanah Datar Rumah Keluarga Maryunita, Senin (30/01/2023) di Jorong Buluh kasok Nagari Tabek Kecamatan Pariangan.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri  oleh Ketua Baznas Yasmansyah, S.Ag, M.Pd, Wakil Ketua 1 Syafrijal, Wakil Ketua II Warnelis Wadman Dt Mustafa, Kepala Bank Nagari Syariah Dewi Purnama, Forkopimca, Camat, Wali nagari se kecamatan Pariangan, Amil Zakat beserta jajaran Baznas, Tokoh Masyarakat serta masyarakat setempat.

Dalam.sambutannya Walinagari Tabek Rispel Murni Noerdin menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan Baznas dan bupati untuk warganya keluarga Maryunita sebagai penerima manfaat program Revitalisasi  RTLH yang mana kondisi rumah dijual huni 3 KK dengan 6 jiwa.

"Dengan adanya Revitalisasi RTLH ini tentunya bantuan ini sangat bermanfaat sekali bagi warga kami ini. Karena itu atas nama masyarakat Saya sampaikan ribuan terima kasih kepada Baznas dan pak Bupati Tanah Datar, dan semoga program ini terus berlanjut apalagi di Nagari Tabek masih ada 5 RTLH lagi," tuturnya.

Sementara itu dalam kesempatan tersebut ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah menyampaikan sebanyak 42 RTLH se Kabupaten Tanah Datar bakal direhab tahun 2023 melalui Program Bantuan RTLH dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tanah Datar dengan total dana sebesar Rp 1.155.000.000,-.

"Sebanyak 42 Rumah Tidak layak huni yang tersebar di Tanah Datar akan di rehab secara bertahap, Meskipun awal tahun namun Baznas Tanah Datar bertekad untuk memulai program ini. Insya Allah sampai akhir Februari kita targetkan 14 RTLH siap di rehab," ujarnya.

Menurut Yasmansyah untuk anggaran rehab itu sendiri terjadi peningkatan jumlah bantuan untuk bantuan per rumah sejumlah 25 juta dan pada tahun 2023 naik menjadi Rp 27.500.000,- dan Peningkatan bantuan tersebut setelah koordinasi dan disepakati oleh Baznas Provinsi Sumbar.

"Di samping Program rehab rumah, alhamdulillah Baznas juga punya program bantuan pendidikan dan program bantuan lainnya yang dana nya bersumber dari mengelola zakat pegawai dan masyarakat lainnya dan menyalurkan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan, sehingga turut membantu program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan," kata Yasmansyah.

Bupati Eka Putra dalam sambutannya  menyampaikan apresiasi kepada Baznas Tanah Datar dan menyampaikan selamat kepada masyarakat Penerima Manfaat atas bantuan yang diperoleh.

"Kami atas nama pemerintah Daerah sangat mengapresiasi Baznas Tanah Datar dengan berbagai programnya, termasuk seperti hari ini yang bertujuan untuk turut mengentaskan kemiskinan melalui bantuan RTLH. Dan selamat kepada masyarakat penerima manfaat, semoga setelah rumahnya selesai di rehab, bapak dan ibu pemilik rumah akan lebih nyaman," ujarnya.

Bupati juga menyampaikan selama tahun 2022 lalu Baznas Tanah Datar telah banyak melaksanakan berbagai program dan kegiatan yang sejalan dengan program Pemerintah Daerah.

"Karena bukti nyata Baznas yang menyalurkan zakat kepada penerima yang berhak dan sesuai ketentuan, tentunya tidak salah Saya juga menghimbau kepada masyarakat untuk menyalurkan zakatnya melalui Baznas Tanah Datar," ajaknya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Eka juga tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Nagari bersama Unit Pelayanan Zakat di Nagari atas kerja keras mempersiapkan kegiatan dengan sebaik-baiknya dan kegiatan tersebut menjadi berkah dan menjadi amal ibadah karena menjadi rumah pertama yang di launching dari 42 rumah yang direhab. (*)

Editor : Mailis RK

Post a Comment

Previous Post Next Post