Disalurkan Baznas Tanah Datar 4 Kelompok Terima Bantuan Zakat Muqayyat Dari Kemenag


Realitakini.com Tanah Datar                               -Kementrian Agama Kabupaten Tanah Datar melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyerahkan zakat Muqayyat berupa program bantuan ekonomi produktif untuk 4 kecamatan, Kamis (26/01/2023) di Aula Kantor kemenag Bukit Gombak Batusangkar.

Turut hadir dalam penyerahan tersebut Kepala Kemenag H. Syahrul, pimpinan Baznas KetuaYasmansyah, S.Pdi, M.Pd, Ketua 1 Drs Syafrijal , Ketua II Warnelis Wadman Dt Mustafa, para Amil dan dai serta Mustahik penerima bantuan ekonomi produktif.

Dalam sambutannya ketua Baznas Tanah Datar  Yasmansyah menyampaikan zakat Muqayyat diberikan kepada masyarakat untuk kecamatan Tanjung Baru, kecamatan Lima Kaum, kecamatan Tanjung Emas dan kecamatan Lintau Buo.

"Zakat Muqayyat adalah zakat khusus yang diberikan kemenag melalui Baznas untuk Mustahiknya di cari oleh kemenag dan penerimanya ada empat kelompok yaitu  kelompok ternak itik Tanjung Baru, ternak itik di Tanjung Emas, home industri di Lima kaum dan kelompok ternak kambing di Lintau Buo," ujarnya. 

Menurut Yasmansyah total sebesar 219 juta akan diberikan  untuk 58 orang  penerima manfaat dari 4 kelompok tersebut di yang dianggab
 layak oleh kemenag melalui fungsionernya dan Baznas hanya menetapkan Mustahik penerima zakat Muqayyat program ekonomi produktif.

'Tujuan dari zakat muqayyat yang diserahkan itu bertujuan untuk bantuan modal usaha dalam meningkatkan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Untuk itu sampai Yasmansyah, Baznas Tanah Datar kalau tidak ada dukungan dari kemenag, pemerintah daerah dan zakat para muzakih sekalian tidak berarti apa apa apalagi pada tahun ini Baznas RI menargetkan mengumpulkan  dana sebesar 12,7 M untuk tahun 2023.

Sementara itu kepala Kemenag Tanah Datar dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai lembaga yang menaungi umat selalu dituntut untuk bekerja dalam melayani masyarakat  mencakup seluruh bidang kehidupan dunia dan juga akhirat.

"Zakat Muqayyad yang diserahkan tersebut bersumber dari ASN Kemenag Tanah Datar terdiri dari zakat Tunjangan Kinerja, Zakat dari Tujangan Sertifikasi para guru dan zakat penghasilan lainnya," katanya.

Selanjutnya  Syahrul berharap, "Di tahun 2023 ini semakin ada peningkatan dalam kegiatan kerja untuk itu kita ucapkan terimah kasih kepada Baznas yang sudah menyalurkan zakat kepada para mustahik , semoga bantuan ini bisa  bermanfaat bagi penerima bantuan dan biss di pergunakan dengan sebaik baiknya," tukas H. Syahrul. (**)

Editor : Mailis RK

Post a Comment

Previous Post Next Post