Kapolsek Panti Laksanakan 'Jumat Curhat, Peredaran Narkoba Dilaporkan Warga

Realitakini.com.-- Pasaman
Kepala Polisi Sektor (Polsek) Panti, Iptu M. Choir beserta jajaran, laksanakan kegiatan Jumat Curhat di Masjib Baiturahman Jorong Lambak, Nagari Panti Timur, Kecamatan Panti, Jumat (27/1/2023). 

Empat masalah sempat dicurhatkan masyarakat setempat kepada polisi, ba'da shalat jumat di Masjid Baiturahman. Masalah peredaran narkoba, pencurian hasil kebun, kerawanan bencana alam dan kondisi masyarakat pasca pemilihan Wali Nagari Panti Timur.

Kapolsek Panti M. Choir, SH. yang sudah menguasai lapangan, langsung menjawab pertanyaan dengan lugas dan padat.

Seperti diungkapkan Wali Nagari Panti Timur, Esgianto, bahwa di wilayahnya akhir-akhir ini banyak peredaran narkoba, yang menyasar para generasi muda setempat. 

Masalah kriminal lainnya, seperti aksi pencurian hasil kebun berupa pinang, juga ikut dicurhatkan masyarakat Lambak.

Silaturahmi ba'da jumat itu berlangsung cukup hangat. Banyak pertanyaan yang dimunculkan masyarakat. Satu selesai dijawab IPTU. M. Choir, lalu muncul dua pertanyaan baru lainnya. 

Tentang masalah narkoba, diingatkan Kapolsek Panti, penanganannya butuh kebersamaan seluruh unsur yang ada di masyarakat. 

"Mari jadikan narkoba sebagai musuh bersama dan musuh negara, Semua pihak mulai dari ninik mamak, pemuka agama, tokoh masyarakat dan peran orang tua harus ada. Narkoba ini berbahaya, karena dapat menghancurkan masa depan generasi muda," terang M. Choir lugas.

Tentang kasus pencurian pinang hasil kebun di Lambak, menurut Kapolsek Choir, pelakunya sudah pernah ditangkap anggota Polsek Panti, dan pelakunya ternyata anak di bawah umur usia sekolah.

"Disini peran orang tua sangat dibutuhkan. Karena untuk diketahui, anak di bawah umur sudah dapat dijatuhi sangsi hukuman pidana, sepertiga dari hukuman orang dewasa," terang Kapolsek.

Turut disampaikan Kapolsek M. Choir agar masyarakat Panti Timur merajut kembali hubungan kekerabatan yang sempat terpecah, usai pemilihan wali Nagari bulan Desember yang lalu. 

Ditambahkan juga, daerah Panti Timur sebagai kawasan rawan bencana longsor dari perbukitan arah Timur, diminta warga masyarakat selalu waspada, terutama disaat curah hujan tinggi.

"Kegiatan jumat curhat ini dilaksanakan, dalam rangka menciptakan rasa aman, nyaman dan kondusif di tengah-tengah masyarakat," imbuh Kapolsek M. Choir.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolsek Panti IPDA Junaidi, SH,
Kanit Bimas Polsek Panti, Aiptu Jhon Hasibuan, Babinkamtibmas Nagari Panti Timur Bripka Muliadi Mauluk, Wali nagari, ninik mamak, tokoh masyarakat, pemuda Lambak serta warga setempat.(Nurman)

Post a Comment

Previous Post Next Post