Para Pimpinan DPRD Kota Padang Serap Aspirasi Masyarakat Pada Reses I Tahun 2023,

Realitakini.com- Padang 
Dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsinya.  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat  (DPR)  melaku kan reses. Reses adalah  masa istirahat sidng,dimana kegiatan  kegiatan yang dilakukan anggota dewan  di luar gedung DPRD, untuk menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat guna memberikan pertanggungjawaban moral dan politis kepada konstituen di dapil masing -masing sebagai perwujudan perwakilan rakyat Selain itu reses juga dapat dilakukan sebagai  fungsi pengawasan. Dalam kegiatan reses anggota dewan bisa menemui elemen pemerintahan, kelompok masyarakat, komunitas pemuda, komunitas perempuan atau bahkan masyarakat umum. Karena reses dilakukan untuk mendengarkan secara langsung aspirasi masyarakat

Tidak terkecuali anggota DPRD Kota Padang  juga  menggelar reses. Kali ini reses masa sidang I tahun 2023, yang dilaksanakan pertengahan Januari 2023.Reses dilakukan tidak haya  para anggota  DPRD saja, tapi para pimpina DPRD pun juga melaksanakan reses, Pimpinan hingga anggota DPRD Kota Padang turun ke tengah-tengah masyarakat, menyerap dan menjaring aspirasi rakyat hingga menyampai kan produk kedewanan.Dimana Syafrial Kani 
Ketua DPRD Kota Padang melakukan reses masa sidang 1 tahun 2023,  di Masjid Nur Aqsa, Kampung Koto Keluruhan Gurun Laweh, Kecamatan Nanggalo, Sabtu, 21 Januari 2023.Dalam reses tersebut Ketua DPRD Padang Syafrial Kani menerima berbagai aspirasi warga Kampung Koto KelurahanGurun Laweh termasuk usulan pelebaran jalan hingga bantuan pemberdayaan masyarakat melalui dana pokok pikiran.

”Dalam kesempatan ini, Insya Allah akan kita bantu Masjid Nur Aqsa akan dibantu Rp 50 juta dan juga Majelis Taklim, serta Forum  Anak Nagari Nanggalo, ” katanya.Dalam reses tersebut ,tingginya kasus narkotika menjadi perhatian khusus ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani Dt.Rajo Jambi. Pasalnya, separuh Kota Padang ,kini sudah masuk zona merah kasus narkotika.

“Hal ini  menjadi perhatian serius oleh Pemerintah  Kota Padang, karena banyak yang menjadi korban gara-gara narkotika,”  katanya.Selain itu, Ketua DPRD Kota Padang, juga menyoroti tingginya kasus asusila yang mana menjadi korbannya anak-anak dan perempuan.“Selain narkoba saat ini masalah yang sangat serius juga, tingginya kasus asusila terhadap anak dan perempuan karena terus terjadi, harus ada jalan keluarnya,” imbuhnya.

Maka dari itu, Syafrial Kani menyebutkan, bahwa akan segera membuat rancangan perda inisiatif yakni Ranperda Masjid Pari¬purna untuk menjawab persoalan tersebut.”Semuanya merupakan masalah kita dan seluruh pihak harus berperan aktif dalam menyelesaikan berbagai masalah yang ada di Kota Padang. Baik eksekutif  maupun legislatif,” kata Pria yang juga Ketua Alumni SMAN 5 Padang itu. Syafrial Kani  mengimbau kepada masyarakat, agar kembali menyemarakkan masjid. Selain untuk beribadah, masjid juga untuk musyawarah, dan menyelesai kan masalah-masalah yang terjadi di tengah tengah masyarakat.

“Saya menghimbau kepada masyarakat agar kembali masjid, kita hidupkan lagi masjid. Tidak sekedar beribadah, namun juga untuk kegiatan lainnya, seperti musyawarah untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada saat ini terjadi,” ujar Datuk Rajo Jambi ini.
Sedangakan Arnedi Yarmen S.Pd menggelar reses masa persidangan I Tahun 2023 di Aula Kantor Camat Padang Utara Lolong Belanti Padang, Sabtu (21/1/2023). Imbau Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan Covid19 Reses tersebut dihadiri oleh ibu-ibu yang tergabung dalam Majelis Taklim Kecamatan Padang Utara Reses merupakan kewajiban bagi anggota DPRD dalam menjaring informasi untuk kemudian disalurkan. Arnedi Yarmen memaparkan, aspirasi yang berhasil dihimpun melalui reses nantinya akan diperjuangkan melalui lembaganya.

”Saya juga berharap apa yang menjadi usulan masyarakat nantinya juga dapat disampaikan dalam musrenbang tingkat kelurahan, Kecamatan, dan kabupaten,” paparnya.Wakil Ketua DPRD dari Fraksi PKS ini menyampaikan, bahwa apa yang menjadi kebutuhan masyarakat akan selalu di perjuangkan dan akan minta Pemerintah kota Padang untuk diprioritaskan.
”Intinya, kami selalu siap untuk memperjuangkan aspirasi warga,” ujar politisi Partai PKS ini.Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang telah menyampaikan aspirasinya.
Oleh karena itu, Arnedi Yarmen mengaku akan selalu berjuang demi kesejahteraan masyarakat Kota Padang.Selain itu Arnedi Yarmen juga menyampaikan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan meski sekarang Indonesia sudah memasuki masa endemi Covid-19. “Perjuangan kami untuk kesejahteraan masyarakat tidak akan pernah luntur Jadi saya berharap masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.
Amril Amin Singgung Pemberian Pokir Wakil Ketua DPRD Kota Padang daerah pemilihan IV (Kecamatan Padang Selatan dan Kecamatan Padang Timur) Amril Amin, S.AP mengadakan Reses I tahun 2023 dari tanggal 16-21 Januari di Koto Kaciak, Kelurahan Mata Air, Kecamatan Padang Selatan.
Amril Amin, S.AP., mengatakan, pada reses diawal tahun 2023 yang diatur oleh undang  undang setiap anggota Dewan turun kepada masyarakat untuk menerima usulan serta masukan dari masyarakat. 
“Kita sudah masuk dua periode di Legislatif, kita sudah memberikan pokok pikiran seperti pembangun an fisik maupun non fisik kepada ma¬syarakat sudah merasa¬kan,” ujar Amril Amin.“Alhamdulillah pada tahun 2023 jaringan baru Air PDAM sudah bisa masuk di Kelurahan Mata Air," ungkapnya. 

"Mudah-mudahan masyarakat bisa berbahagia, kami harapkan mari kita bersyukur sudah mendapatkan air bersih pada tahun ini, dan selain kita akan juga mengajukan program Masya¬rakat Berpenghasilan Rendah (MBR), mungkin tentang air, tentang MBR atau dengan tidak MBR kita serahkan ke PDAM disini pada reses kita hadirkan pihak dari PDAM," katanya.
Ilham Maulana Jelaskan Soal Penyaluran Bansos Memasuki reses masa sidang I wakil ketua DPRD kota padang Ilham Maulana, SH., gelar reses di kelurahan Subarang Padang Kecamatan Padang Selatan Kota Padang.Bertempat di kediaman Wakil Ketua DPRD Kota Padang di Kelurahan Sebarang Padang pada hari Rabu (18/1) ratusan masyarakat menghadiri kegiatan reses anggota DPRD dari fraksi demokrat kota padang

Dalam kesempatan tersebut Ilham Maulana, SH., mengatakan bahwa kegiatan reses dilaksanakan untuk menyerap aspirasi masyarakat, baik itu pengusulan mengenai pembangunan fisik dan lain nya yang akan disingkronkan pada saat musrenbang nantinya.“Namun pengusulan/aspirasi tersebut dapat dilaksanakan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah,” jelasnya.Dalam penyerapan aspirasi tersebut nanti nya terealisasikan melalui dana pokir anggota DPRD daerah dapil terkait.

“Untuk kelurahan subarang padang dana pokir yang disalurkan melalui salah satu nya pengadaan penerangan jalan umum sebanyak 54 di seluruh kelurahan subarang padang,” jelasnya lagi. “Kemudian ada 100 lebih masyarakat mengusulkan bansos untuk modal usaha dan bansos untuk bantuan pendidikan,” tuturnya.
Dalam penyaluran bantuan melalui dana pokir tersebut dengan skema bansos masyarakat pengusul atau yang akan menerima harus tercatat dalam data DTKS di nas sosial.Dalam kesempatan tersebut kader Demokrat ini juga meminta kepada masyarakat agar jangan dobel dalam mengusulkan nama dalam bansos maupun hibah untuk modal usaha karna akan berimbas pada pembatalan pengusulan nama penerima nantinya.

“Pengusulan nama penerima hanya melalui satu orang anggota DPRD dan tidak bisa dari dua orang anggota DPRD,” pungkas Ilham.

Untuk kegiatan fisik dana pokir Ilham Maulana,SH telah mengalokasikan anggaran sebesar 700 juta bagi kelurahan subarang padangKegiatan reses yang dilaksanakan pada hari Rabu (18/1/2023) ini merupakan hari pertama dari tiga hari yang telah dijadwalkan di tiga titik di dua kecamatan yakni Padang Timur dan Padang Selatan. (Adv)

Post a Comment

Previous Post Next Post