Bupati Eka Putra Buka Secara Resmi Musda Bundo Kanduang Ke-9


Realitakini.com Tanah Datar                              -Bupati Eka Putra, SE. MM. membuka Musyawarah Daerah (Musda) Bundo Kanduang Kabupaten Tanah Datar ke 9 tahun 2023, Senin (06/02/2023) di Gazebo Indo Jalito Batusangkar.

Hadir pada saat itu Asisten Pemerinthan dan Kesra Elizar, SH, Ketua LKAAM Tanah Datar Aristo DT. Andomo, Kepala Dinas Sosial dan  PPA Tanah Datar Afrizon, S.Ag dan Tamu undangan lainnya

Bupati Eka dalam sambutannya beharap melalui Musda akan  lahir pengurus baru dengan program yang bisa bersentuhan langsung ke Masyarakat, sehingga organisasi Bundo Kanduang lebih berdampak bagi kehidupan sosial di Minangkabau.

"Pemerintah Daerah (Pemda) mendukung berbagai program yang disusun organisasi Bundo Kanduang. Salah satu program yang menarik di organisasi ini, ialah Bundo Kanduang turun ke sekolah, ini akan memberikan edukasi terkait  adat dan budaya bagi generasi muda. Untuk itu, Pemda mendukungnya,” ujar Bupati Eka.

Menurut Bupati Eka di zaman perkembangan digitalisasi yang sangat pesat ini, untuk itu harapnya seluruh pengurus di organisasi Bundo Kanduang menyesuaikan diri dengan hal itu.

“Digitalisasi sangat berdampak di seluruh aspek kehidupan saat ini. Untuk itu, manfaatkan perkembangan digitalisasi guna kemajuan organisasi Bundo Kanduang dan semoga selalu senantiasa berbagi ilmu pengetahuan kepada yang memang membutuhkan pengetahuan tentang adat dan budaya,” kata Bupati Eka Putra.

Lebih lanjut bupati menyampaikan kedepannya, tugas Pengurus Bundo Kanduang sangat berat sekali, terpenting itu saling mengisi, yang tidak mengetahui harus diberi tahu bagi lebih tahu.

Dikesempatan yang sama, Ketua Bundo Kanduang Sumatera Barat (Sumbar) Prof. Dr. Ir. Raudha Thaib, M.P. mengatakan Musda ialah mata rantai program kepengurusan organiasi Bundo Kanduang. Ia pun berharap adanya konsistensi Pemda Tanah Datar disetiap program-program organisasi Bundo Kanduang.

“Pengurus Bundo Kanduang Sumbar menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Pemda Tanah Datar yang telah banyak terlibat di dalam program-program organisasi Bundo Kanduang baik setingkat Nasional, Provinsi maupun  Daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Penasehat Bundo Kanduang Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra mengatakan pengurus Bundo Kanduang periode 2017  sampai dengan 2028 natinya, tidak berfokus terhadap pemilihan ketua dan organisasi.  
Ia berharap pengurus yang terpilih nanti bisa mengevaluasi kinerja lima tahun sebelumnya, baik program yang sudah terlaksana, maupun mempersiapkan program kerja yang akan dilaksanakan.

“Organisasi Bundo Kanduang  merupakan wadah bagi  kaum perempuan yang di harapkan mencari solusi atas persoalan yang ada ditengah Masyarakat. Saya harap di pengurus baru ini, nantinya bisa membawa perubahan lebih besar,” ujar Ny. Lise Eka Putra. (**)

Editor : Mailis RK

Post a Comment

Previous Post Next Post