Musrenbang Kecamatan Tanjung Emas Eri Hendri, Pembangunan Yang Utama Jadi Skala Prioritas


Realitakini.com Tanah Datar                              -Prioritaskan pembangunan untuk masyarakat,  Musyawarah Rencana pembangunan ( Musrenbang) kecamatan Tanjung Emas digelar hari ini Senin (13/02/2023) di Aula Camat setempat.

Hadir dalam giat Musrenbang  tersebut Bupati Tanah Datar dengan wakili Sekda Iqbal Rama Dipayana, anggota DPRD Tanah Datar dapil 1 Eri Hendri SP, Staf Ahli Zahratul Khairi, Kadis PMPSP Naker Herru Rahman, Forkopimca, Camat Tanjung Emas Zulkifli Idris, Sekcam Yogi Alfinder, Walinagari Se Tanjung Emas, Wali jorong tokoh masyarakat, dan unsur masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Anggota DPRD Tanah Datar dari Dapil 1 Eri Hendri,SP menyampaikan  apa saja yang sudah disusun oleh panitia Musrenbang  untuk diprioritaskan untuk dibawah ke pemerintah daerah sebagai eksekutor.

"Secara pribadi di forum ini saya  menyampaikan permohonan maaf sebagai kapasitas anggota DPRD belum maksimal melayani aspirasi  masyarakat  dalam pembangunan kecamatan Tanjung emas karena. Keterbatasan anggaran," katanya.

Menurut Eri Hendri ada beberapa  sumber  pendanaan mulai dari APBN ada berupa Dana Alokasi Khusus dan Dana Alokasi Umum (DAU), sumber dana dari propinsi berupa kegiatan aset, jalan dan irigasi dan sumber dari APBD Tanah Datar yang penyusunannya melalui proses Musrenbang.

"Kita tidak punya PAD karena kita tidak punya tambang dan perusahaan besar, pendapatan daerah cuma dari pajak dan retribusi daerah, untuk itu supaya nantinya untuk mendapatkan anggaran yang besar, dari Tanjung emas kedepannya ada lagi putra daerah yang duduk di DPRD karena Tanjung Emas memiliki DPT sebanyak 19 ribu orang," sampainya.

Untuk itu menurutnya perlu sekali pembangunan yang menjadi skala prioritas karena saat ini anggaran dimilikinya  cuma 500 juta yang  harus di bagi untuk 4 nagari untuk itu sampai Eri Hendri harus ada tambahan anggota Dewan yang duduk di DPRD Tanah Datar berasal dari kecamatan Tanjung emas.

Sementara itu dalam sambutannya Camat Tanjung emas Zulkifli Idris menyampaikan jumlah warga Tanjung Emas berdasarkan BPS Tahun 2022 berjumlah  22 000 orang dan  belum keseluruhan  karena masih banyak yang domisili di Tanjung Emas tapi  memiliki KTP daerah lain.

"Berdasarkan Laporan ada sekitar 19.000 orang pemilih tetap dari sebanyak 22 ribu penduduk kecamatan Tanjung Emas semoga untuk kelanjutan pembangunan akan adalagi nantinya anggota DPRD yang berasal dari kecamatan Tanjung Emas," kata Zulkifli Idris.

Terkait masih banyaknya masyarakat yang menetap dinagari di kecamatan Tanjung Emas tapi masih menggunakan KTP daerah lain,  camat Zulkifli Idris menegaskan bahwa setiap bersifat administrasi hanya diprioritaskan untuk masyarakat Tanjung Emas dulu jadi masyarakat yang KTP nya masih daerah lain tidak bisa dilayani.

Sementara itu Bupati tanah datar dalam amanatnya yang dibacakan sekda Iqbal Rama Dipayana menyampaikan pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan program unggulan.

"Dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pemerintah daerah tanah datar memiliki program unggulan diantaranya Layanan bajak gratis, Pupuk bersubsidi, satu Nagari Satu Even, satu rumah satu Hafizh serta program unggulan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Sekda juga menyampaikan ucapan selamat  untuk Tanjung Emas mendapatkan nilai tertinggi dalam  pelayanan publik tingkat kabupaten Tanah Datar.

"Hari ini pemerintah Tanah Datar memperoleh penghargaan kepatuhan standar pelayanan publik tahun 2022 dari Ombudsman RI ini merupahkan suatu prestasi yang membanggakan bagi kita karena ini tidak luput dari terpilihnya Kecamatan Tanjung emas sebagai pelayanan publik terbaik," tukas Sekda Iqbal Rama Dipayana. (**)

Reporter : Mailis RK

Post a Comment

Previous Post Next Post