Pemkot Blitar Gelar Upacara Peringatan Hari Cinta Tanah Air .

Realitakini.com-Koto Blitar 
Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar menggelar Upacara Peringatan Hari Cinta Tanah Air, bertempat di halaman Kantor Wali Kota Blitar, Selasa (14/02/2023) pagi.

Bertindak sebagai inspektur upacaraWali Kota Blitar Drs. H. Santoso, M.Pd diikuti peserta seluruh ASN dilingkup Pemkot Blitar yang memakai kostum prajurit PETA, TNI-Polri, pelajar dan mahasiswa serta dihadiri tamu undangan dari jajaran Forkopimda.

Mengawali amanatnya, Wali Kota Santoso menyampaikan hari ini, 14 Februari adalah hari yang sangat bersejarah bagi masyarakat Kota Blitar, bahkan bagi seluruh bangsa Indonesia. hari ini, tepat 78 tahun yang lalu, 14 Februari 1945, dengan semangat cinta tanah air, tentara PETA Blitar yang dipimpin oleh Shodanco Suprijadi membuktikan rasa cinta pada tanah air ini.
Selasa (14/02/2023)

Tepat pada pukul 03.00 dini hari sebuah pemberontakan terjadi di Kota Blitar tercinta yang dikenal dengan pemberontakan PETA blitar. Perjuangan PETA Blitar menunjukkan bahwa sejaksebelum bangsa Indonesia merdeka, masyarakat Blitar sudah memiliki semangat nasionalisme yang tinggi dan jiwa rela berkoban demi bangsa dan negara.

“Tahun ini, momentum perjuangan PETA kita peringati dengan lebih istimewa. karena mulai tahun ini, Pemerintah Kota Blitar secara resmi telah menetapkan tanggal 14 Februari sebagai Hari Cinta Tanah Air melalui peraturan Walikota nomor 10 tahun 2023 tentang perubahan atas peraturanwalikota nomor 9 tahun 2010 tentang peringatan hari-hari bersejarah di Kota Blitar.” Jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Santoso berharap melalui penetapan Hari Cinta Tanah Air dan pengembangan kawasan monumen PETA, masyarakat Kota Blitar dapat melanjutkan nilai- nilai perjuangan PETA, memiliki semangat nasionalisme dan patriotisme yang tinggi.

“Selamat meneladani nilai dan semangat perjuangan PETA. dan jangan sekali-kali melupakan sejarah, karena hanya bangsa yang besar yang menghargai sejarah bangsanya.” Pungkasnya mengakhiri amanat. (edy/ kmf)

Post a Comment

Previous Post Next Post