POKIR Anggota DPRK Diharapkan Bangun Rumah Layak Huni Buat Masyarakat.

Realintakini.com - Gayo Lues 
Guna menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Gayo Lues, Kepala Dinas Kimpraswil berharap me lalui Dana Aspirasi atau Dana Pokok Pikiran (Pokir) Anggota DPRK Gayo Lues dapat membantu pem bangunan rumah layak huni, dimana setiap anggota dewan bisa membangun satu unit rumah layak huni. 

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Kabupaten Gayo Lues Jakaria, S.Hut, dalam giat konsultasi rancangan awal RKPK 2024, pada hari Jumat (10/2/2023).

Ia mengatakan, usulannya akan mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Gayo Lues dengan kalkulasi setiap tahun ada 20 unit rumah bantuan yang di bangun oleh 20 orang Anggota Dewan, sebab selama ini usulan dari dinas dalam pembangunan rumah layak huni belum terakomodir.

"Melalui aspirasi dewan bisa menjawab kebutuhan rumah layak huni di Kabupaten Gayo Lues yang men capai 8 ribu lebih, selama ini rumah yang tidak layak huni merupakan salah satu indikator kemiskin an," katanya.Jakaria menyebutkan, pandemi covid-19 telah berdampak terhadap meningkatnya jumlah pen duduk miskin  di Indonesia, termasuk di Aceh. 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk miskin di Aceh pada Maret 2021 ber tambah 19,23 ribu jiwa menjadi 834,24 ribu jiwa dibanding Maret 2020. Adapun humlah penduduk miskin di Aceh Singkil tertinggi di Aceh, kemiskinan di Kabupaten tersebut mencapai 20,36 persen dari total populasi.

Angka kemiskinan berikutnya adalah Kabupaten Gayo Lues, yakni sebesar 19,64 persen. Diikuti Kabupaten Pidie dengan persentase penduduk miskin sebesar 19,59 persen, kemudian Kabupaten Pidie Jaya sebesar 19,55 persen dan Kabupaten Bener Meriah 19,16 persen.

"Dengan pembangunan ruma layak huni MCK dan sarana air bersih akan menurunkan angka kemiskinan di Gayo Lues, kita berharap dorongan dari para Anggota DPRK Gayo Lues kedepan bisa membantu pem bangunan rumah layak huni sesuai dengan dapilnya masing masing," harap Kadis Kimpraswil Gayo Lues Jakaria, S.Hut. ( syukran ).

Post a Comment

Previous Post Next Post