Puluhan Rumah Warga Terkena Erosi Batang Sumpu Wali Nagari Sundata Utara Berharap Normalisasi

.  Ket Photo Rumah Warga Terdampak           Erosi Batang Sumpu
Realitakini.com -- Pasaman 
Puluhan rumah warga Jorong Salibawan Nagari Sundata Utara terancam terkena erosi disebabkan aliran batang sumpu yang tidak terkendali.

Kondisi tersebut telah mengancam 50 rumah warga,  kantor Wali nagari dan satu unit Mushalla terancam rusak.

Aliran batang sumpu semakin mendekat ke kawasan permukiman.  Sebagian rumah warga pondasinya bahkan sudah ada yang tergerus hingga nyaris roboh," ujar Wali Nagari Sundata Utara, Nofriyan pada Realitakini.com Rabu (1/2/2023).

Ia juga menyampaikan dalam RPJM Nagari  Sundata Utara Tahun 2022 - 2028 dan Rencana Kerja Pembangunan (RKP) Tahun 2023  normalisasi tersebut  salah satu program prioritas.

"Program ini akan kita perjuangkan dalam Musrenbang tingkat Kecamatan maupun Kabupaten, tuturnya.

Mengakhiri wawancara Wali Nagari Sundata Utara, berharap Pemkab segera melakukan penanganan melalui kegiatan normalisasi dan pemasangan batu baronjong pengaman tebing pada batang sumpu tersebut sehingga dapat, mengantisipasi dampak buruk yang bakal timbul akibat keganasan arus batang sumpu.

"Untuk melakukan normalisasi batang sumpu membutuhkan anggaran yang cukup besar dan kita berharap pada pemerintah daerah untuk melakukan normalisasi, " tutup wali nagari hasil pemekaran tersebut.(Nurman)

Post a Comment

Previous Post Next Post