Bupati Blitar Hadiri Harlah Paguyuban Sari Roso Ke-XII, Dorong Pelaku UMKM Tingkatkan Kualitas Dan Kuantitas Produksinya

Realitakini.com-Kabupatem Blitar 
Bupati Blitar Rini Syarifah mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Blitar untuk bersemangat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksinya.Hal itu disampaikan Bupati Blitar Hj Rini Syarifah saat menghadiri Harlah Sari Roso ke-XII di Desa Ploso Desa Selopuro Kabupaten Blitar, Sabtu (11/03/2023).

Selain Bupati Blitar, Harlah Sari Roso ke-XII juga dihadiri Ketua Dekranasda Kabupaten Blitar, se jumlah Kepala OPD Pemkab Blitar, Forkopimcam Selopuro dan kepala Desa se-Kecamatan Selopuro dan kelompok Paguyuban “Sari Roso” Desa Ploso.Dalam kesempatan itu, Bupati Rini juga menyampai kan selamat hari Ulang Tahun ke-12 bagi Paguyuban Sari Roso, semoga dengan bertambahnya usia, Sari Roso bukan saja menyuguhkan nikmat rasa kue-kuenya namun juga membuat nikmat bagi pem buat dan penjualnya.

“Saya berharap, harlah ini sebagai momentum bagi Sari Roso untuk makin eksis dengan jajan pasarnya yang bersertifikat, halal, aneka varian, berdaya saing dan disukai banyak orang,” jelas Bupati Blitar.
Selain itu, Bupati juga menghimbau kepada perangkat daerah antara lain untuk memprioritaskan penggunaan produk dalam negeri khususnya produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi melalui e-purchasing pada katalog elektronik lokal Kabupaten Blitar.

“Dengan Katalog lokal ini, bisa menjadi ajang promosi untuk di daerah lain. Jadi selain menggunakan media social, yang panjenengan miliki, e-katalog lokal adalah bagian solusi untuk promosi,” pungkas Bupati Blitar Hj Rini Syarifah.

Kepala Desa Ploso Rohmadi di temui awak media mengatakan, potensi Desa Ploso ada Sari roso pastinya sangat besar manfaatnya, karena di Desa Ploso pastinya ada Produk olahan “Sari roso” ini adalah satu ikatan emosional yang sudah tidak bisa dipisahkan kami patut bersyukur karena yang dulu 85% profesi masyarakat Ploso adalah petani sekarang sudah berbanding terbalik sesuai dengan tema perempuan hebat.

Lanjut Kades Ploso Rohmadi masyarakat kami sehari-hari 138 warga pembuat kue olahan, dan semua itu rata-rata adalah perempuan dan bahkan ia menjajakan pakai obrok 3 perempuan sampai keliling hampir di perbatasan Kediri yang wilayah barat  kalau yang sebelah timur hampir sampai di wilayah Sumberpucung,” ucap Kades Polso.

Dan ini sangat luar biasa kami patut bersyukur, karena Desa kami di masa pandemi kemarin justru UMKM yang ada di Desa kami ini, yang tidak terpengaruh dan tidak tergerus dengan pandemi covid 19 patut menjadi acungan jempol karena apa ekonomi kerakyatan yang ada di Desa Ploso.“Kami semua yang ada disini, siang hari ini mudah-mudahan kehadiran panjenengan membawa manfaat membawa berkah khususnya bagi Desa Ploso berkah akhirat luar biasa sekali untuk tahun yang akan datang harlah ke-13 mudah-mudahan lebih meriah lebih sukses dan lebih berkembang Desa Ploso berkembang bersama warga membanguni Desa Ploso Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar,” imbuh Kepala Desa Ploso Rahmadi. (kmf/ edy)

Post a Comment

Previous Post Next Post