Pemkab Tanah Datar Canangkan Tablet Tambah Darah Untuk Remaja


Realitakini.com Tanah Datar                              -Sekretaris Daerah Tanah Datar Iqbal Ramadi Payana lakukan Pencanangan tablet tambah darah bagi remaja putri, Kamis (10/03/2023) di lapangan Bola Kaki Lima Kaum.

Sekda dalam kesempatan tersebut  mewakili bupati menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar canangkan pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) bagi remaja putri dalam rangka pencegahan anemia dan stunting.

Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar Riswandi, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Armen Yudi, Perwakilan Forkopimda, Camat Lima Kaum beserta Forkopimca, dan lainnya.

"Atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan  apresiasi dengan terselenggaranya kegiatan TTD sebagai peran serta dan kepedulian bersama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tanah Datar terutama dalam pencegahan stunting," katanya.

Kegiatan pencanangan TTD terdiri dari kegiatan fisik berupa senam pagi bersama, sarapan bersama, dan minum tablet tambah darah bersama.

Iqbal menjelaskan, berdasarkan profil kesehatan Indonesia tahun 2021, cakupan pemberian tablet tambah darah putri di Indonesia adalah 31, 3 persen, sedangkan di Provinsi Sumatera Barat baru diangka 11, 5 persen, dan Kabupaten Tanah Datar berada di angka 31,7 persen.

"Maka perlu dilakukan gerakan  bersama meningkatkan kepatuhan terhadap konsumsi obat tambah darah bagi remaja putri," jelasnya.

Ia melanjutkan, saat ini Pemkab Tanah Datar telah membuat surat edaran terkait minum tablet tambah darah bagi remaja putri yang dilaksanakan setiap hari jumat di sekolah.

Selain itu pemberian obat tambah darah bagi remaja putri juga didukung dengan Surat Komitmen Bersama (SKB) empat Kementerian, yaitu Kemeterian Dalam Negeri, Kemeterian Agama, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Pendidikan.

"Kita harus bekerja sama dan saling berkoordinasi, pihak sekolah beserta jajaran mari kita dukung kegiatan ini demi generasi penerus yang sehat dan cerdas, berharap kegiatan ini berkesinambungan dan dilakukan setiap minggunya," katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar Yesrita menyampaikan, dasar pelaksanaan TTD bagi remaja putri adalah tentang percepatan penurunan stunting.

"Penurunan stunting selain, dimulai dari 1000 pertama hari kehidupan, juga dimulai dari anak remaja putri dengan melakukan obat tambah darah satu tablet dalam satu Minggu," tukasnya. (**)

Mailis RK

Post a Comment

Previous Post Next Post