Disebut Bupati Eka Putra Sebagai Even Termahal, Inilah Pesona 1000 Baju Milik Nagari Padang Magek


Realitakini.com Tanah Datar                                   -Dibuka secara resmi oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM didampingi Wakil Bupati Richi Aprian, SH, MH Even Pesona 1000 Baju milik Nagari Padang Magek kecamatan Rambatan menjadi even termahal sepanjang pagelaran program unggulan (progul) Satu Nagari Satu Even. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimda, Ketua TP-PKK Lise Eka Putra, Ketua GOW Patty Richi Aprian, Kepala OPD, Camat Rambatan Roza Melfita, Forkopimca, Pengurus IKPM Jabodetabek se Nusantara H. Alisar, Ketua KKTD Jaya Yuherman, Ketua LKAAM Tanah Datar, Wali nagari Rambatan Syafril Jamal, tokoh masyarakat dan undangan lainnya, Senin (19/06/2023) di lapangan Nagari Padang Magek

Ketua pelaksana Pesona 1000 Baju Milik dalam sambutannya memyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan pemerintah daerah dan semua pihak yang sudah ikut membantu terlaksananya even tersebut. 

Wali nagari Padang Magek Syafril Jamal dalam sambutannya menyampaikan sangat mendukung seluruh program pemerintah daerah seperti program satu Nagari satu even yang mempunyai manfaat bagi masyarakat ditambah dengan even tersebut memunculkan Baju milik. 

"Baju milik sudah digunakan orang tua kita dari semenjak tahun 1920 dan foto kita ambil dari dokumen arsip belanda bajunya persis yang tadi tidak ada yang beruba sampai sekarang, " ujarnya. 

Dalam kesempatan tersebut Syafril Jamal tidak lupa mengucapkan Terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung penyelenggaraan  program satu Nagari satu even dalam festival 1000 Baju milik. 

"Untuk itu di kesempatan ini kami mengucapkan Terima kasih kepada panitia pelaksana, para perantau, tokoh masyarakat dan pihak pihak yang sudah turut mendukung kegiatan ini sehingga kegiatan festival 1000 baju milik dapat terlaksana semoga kedepannya even yang sama bisa terlaksana dengan lebih baik lagi, " tukasnya. 

Sementara itu tokoh perantau Alisar pengurus Ikatan Keluarga Padang Magek (IKPM) dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah bupati dan Wakil bupati yang sudah mendukung kegiatan festival 1000 baju milik. 

"Program satu Nagari satu even dalam festival 1000 baju milik adalah kegiatan spektakuler yang mungkin bisa meningkatkan ekonomi kreatif seni dan budaya anak Nagari yang semakin maju dengan melestarikan bersama untuk itu ucapan terima kasih kepada Wali nagari yang sudah mempersatukan antara rana dan perantau selalu super aktive dan mengayomi," katanya. 

Bupati  Eka Putra dalam sambutannya mengatakan even pesona seribu baju milik Padang Magek memiliki pesona tersendiri makna dan filosofi acara event pesona seribu baju milik hari ini merupakan salah satu event termahal di Tanah Datar. 

"Event pesona seribu baju milik hari ini merupakan salah satu event termahal di Tanah Datar bahkan ini even termahal di provinsi Sumatera Barat dengan anggaran atau biaya yang kita lihat di sini lebih kurang 5 miliar rupiah Kenapa begitu karena ada ini seribu yang pawai memakai baju milik kita perkirakan harga dari baju satunya itu lebih kurang 5 juta Kenapa saya bilang 5 juta Karena tadi ibu Nisa juga pakai itu pakai itu Iya ini berapa 5 juta berarti kan 5 juta yang dipakai kali 1000 orang itu sudah 5 miliar, " ujar bupati. 

Untuk itu bupati menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih  kepada walinagari, panitia pelaksana, para perantau dan semua pihak yang terlibat kegiatan tersebut dan di kesempatan itu bupati juga mengatakan seribu baju milik akan diikutkan dalam festival budaya nanti itu bisa ditampilkan pada festival pesona budaya Minangkabau di Pagaruyung rencana bakal diadakan pada tanggal 7, 8, 9, 10, Desember  mendatang.

"Kami berharap juga tidak hanya sampai di sini tentunya  yang disiapkan juga sudah ada bukan baju milik saja ada kuliner-kuliner yang disiapkan oleh panitia pada para pengunjung silakan mengunjungi ya tempat penonton kami yang menyediakan kuliner-kuliner tempo dulu ciri khas dari Nagari Padang Magek dan juga dari Kecamatan Rambatan," Pungkas Bupati Eka Putra. (**) 

Reporter : Mailis RK

Post a Comment

Previous Post Next Post