Secara Virtual, Sekda Tanjabbar Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah


Realitakini.com, Tanjabbar -
Sekretaris Daerah (Sekda) Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Agus Sanusi, mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka pengendalian inflasi daerah menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Adha tahun 2023, di Pola Utama Kantor Bupati Tanjabbar, Senin (19/06/23).

Rakor rutin Pengendalian Inflasi tersebut, secara langsung dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, yang diikuti secara Virtual.

Secara Virtual, Mendagri Tito Karnavian dalam arahannya menyampaikan, terdapat perbedaan pola konsumsi antara Idul Fitri dan Idul Adha. Masyarakat Indonesia cenderung merayakan Idul Fitri lebih besar dari pada Idul Adha.

"Potensi inflasi dari sisi permintaan pada periode Idul Adha masih dibawah periode Lebaran dan Idul Fitri," ungkapnya.

"Potensi inflasi dari sisi penawaran sangat dipengaruhi oleh pasokan dari produsen dan stok ditingkat pedagang," terang Tito.

Sementara, Direktur Statistik Harga BPS, Windhiarso Putranto mengatakan, jika HBKN bertepatan dengan panen-panen raya komoditas (khususnya bahan pangan) maka inflasi dapat diredam. 

Rakor tersebut  turut dihadiri oleh, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, OPD Terkait, serta Kepala Bagian Ekonomi Lingkup Sekretariat Daerah Tanjabbar. (put)

Post a Comment

Previous Post Next Post