Festival Olahan Daging Kambing Dari Pokir Nurkhalis, Mendorong Minat Masyarakat Dalam Mengolah Daging Kambing

Realitakini.com- Sumbar 
Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar menggelar Festival Olahan Daging Kambing di Agro Boncah Farm, Nagari Barulak, Kecamatan Tanjung Baru, Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (24/6). Kegiatan ini ter selenggara dari program pokok-pokok pikiran (Pokir) anggota DPRD Sumbar, Nurkhalis Dt. Bijo Dirajo, dan diikuti 19 kelompok memasak dari Kabupaten Lima Puluh Kota, Kota Payakumbuh dan Kabupaten Tanah Datar. 

Nurkhalis Dt. Bijo Dirajo saat membuka kegiatan ini mengatakan, daging kambing merupakan salah satu bahan pangan yang sangat bermanfaat. Bahan pangan satu ini memiliki nilai gizi yang tinggi, yaitu kaya akan protein, lemak dan mineral. Di lain sisi, sambung dia, sebagian masyarakat masih ber pendapat bahwa daging kambing relatif keras dan alot, memiliki bau yang khas dan juga memiliki penyebaran lemak yang tidak merata, sehingga membatasi pengolahannya.

 Hal tadi mempengaruhi pandangan masyarakat untuk mengkonsumsi daging kambing yang hanya terbatas untuk lauk pauk, sedangkan untuk bahan olahan lainnya masih kurang dijumpai di pasaran. Melalui pelaksanaan Festival Olahan Daging Kambing ini, Nurkhalis yang juga merupakan Ketua Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Provinsi Sumbar tersebut berharap, minat masyarakat dalam mengolah daging kambing bisa meningkat.

 “Festival Olahan Daging Kambing ini sengaja kami gelar untuk memicu masyarakat dan peternak-peternak kita di Sumatera Barat, bahwa ternak kambing itu bisa diolah untuk berbagai ragam kuliner dan menguntungkan, lalu setelah diolah ternyata sangat enak, tidak berbeda rasanya dengan olahan daging yang lain,” ujar Nurkhalis yang juga merupakan anggota Komisi II DPRD Sumbar tersebut. Nurkhalis menambahkan, beternak kambing dan domba memiliki prospek yang bagus dan menjanjikan untuk petani. Hal ini menjanjikan, karena pengembangan kambing dan domba tidaklah sulit, iklim dan topografi di Sumatera Barat sangat mendukung. Berternak kambing dan domba bisa dijalankan diseluruh kabupaten/kota di Sumbar.

 Beternak kambing dan domba juga akan menguntungkan petani karena hewan ini bisa melahirkan hingga tiga kali dalam kurun waktu dua tahun, karena masa buntingnya adalah lima bulan. Berbeda dengan sapi yang biasanya melahirkan hanya satu kali dalam setahun. Selain itu, peternakan kambing dan domba adalah jenis beternak yang dikembangkan oleh nabi. 

Hal ini sejalan juga dengan filosofi masyarakat Minangkabau yaitu, Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. Mengingat berbagai keuntungan yang akan didapat dari beternak kambing dan domba, Nurkhalis berharap adanya peningkatan populasi ternak kambing dan domba di Sumbar melalui kegiatan beternak hewan ini oleh masyarakat. Sementara itu, 

Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian yang menghadiri kegiatan tersebut menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mengapresiasi digelarnya Festival Olahan Daging Kambing di Tanah Datar yang terselenggara dari Pokir Nurkhalis Dt. Bijo Dirajo. “Terima kasih dan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bapak Nurkhalis yang telah memilih Boncah Farm sebagai lokasi kegiatan,”katanya. Adapun terkait festifal ini, ada lima kategori kuliner berbahan daging kambing yang bisa dipilih peserta untuk dimasak, yaitunya steak, gulai, tongseng, sate dan nugget. Juri kemudian menilai hasil olahan peserta dengan malihat pada tiga hal, yakni, rasa, penampilan dan kebersihan. (RK*) 

Post a Comment

Previous Post Next Post