Implementasikan Perda, Pemko Solok Raih Pastika Awya Pariwara Dari Menkes RI

Realitakini.com- Kota Solok 
Pemerintah Kota (Pemko) Solok berhasil meraih penghargaan Pastika Awya Pariwara dari pemerintah pusat melalui Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), yang diserahkan oleh Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono Harbuwono. Penerimaan penghargaan tersebut dilaksanakan di  Aula Siwabessy, Gd. Prof. Sujudi, Lantai 2, Kementerian Kesehatan, Kamis (08/06/2023). 

Tema global peringatan HTTS tahun ini yang bertemakan “Tobacco Breaks Heart” menyoroti isu dampak rokok pada jantung dan untuk Indonesia tema yang ditetapkan adalah ”Rokok penyebab sakit jantung dan melukai hati Keluarga”.

Pemberian penghargaan Pastika Awya Pariwara oleh Menkes RI ini merupakan bentuk apresiasi khusus dari Menkes RI kepada kepala daerah yang telah menetapkan, dan mengimplementasikan kebijakan / Per aturan Daerah (Perda) tentang pelarangan iklan rokok di luar gedung. 

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dalam sambutannya mengatakan bahwa penghargaan ini bentuk dari apresiasi khusus kepada pimpinan daerah berupa augerah Pastika Awya Pariwara yang telah melaku kan kebijakan berupa pelarangan total iklan rokok di luar gedung, agar tidak mempengaruhi anak-anak untuk mulai merokok. 

Disisi lain, Walikota Solok Zul Elfian Umar, mengucapkan terima kasih kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang telah bekerja keras sehingga Kota Solok berhasil meraih penghargaan ini. 

“Penghargaan tersebut merupakan buah dari kerja-kerja pemerintah melalui OPD dan dukungan masyarakat terhadap penerapan Perda terkait larangan iklan rokok di wilayah Kota Solok," jelasnya. (Sy)

Post a Comment

Previous Post Next Post