Pemuda Benteng Gelar Seni Budaya, Bupati Minta Wali Nagari Berperan Aktif

Realitakini.com -- Pasaman
Pasca Lebaran Idul Fitri 1444, H Pemuda Benteng Nagari Tanjung Beringin Kecamatan Lubuk Sikaping gelar silahturahmi masyarakat Benteng 'Tigo Kampuang.

Kegiatan silaturahmi tigo kampung tersebut diadakan Pemuda Benteng Kecamatan Lubuk Sikaping di awali dengan Tabligh Akbar dan kesenian Minangkabau seperti Saluang Dangdut, Dikia Pano, Silat Songsong, Tari Piring, Tari Bagurau,  Tari indang dan panjat batang pinang yang dimulai dari Jumat sampai Minggu 16 - 18 Juni 2023.

Wali Nagari di Pasaman, untuk ikut berperan aktif dalam pelestarian adat budaya dan kesenian tradisional yang sudah ber-urat ber-akar ditengah-tengah masyarakat Pasaman," ujar Bupati Pasaman H. Benny Utama saat acara silaturahmi masyarakat Masjid Nurul Haq hingga ke Terminal Benteng, Minggu (18/6/2023).

Bupati Pasaman juga menekankan, pelestarian adat budaya ini agar dianggarkan di setiap nagari, dan camat selaku administrator diminta mengawal serta memastikan kegiatan ini di anggarkan di masing-masing nagari.

Pemain Dikia Pano rata-rata sudah seusia saya dan hal itu membuat saya khawatir. Kalau habis generasi ini, siapa lagi yang akan melanjutkan. Bisa-bisa hilang satu tradisi. Saya yakin kita semua tidak ingin tradisi dan budaya kita jadi hilang begitu saja dikemudian hari," kata H. Benny

H. Benny Utama yang juga Pucuak Sara' Kari Ibrahim, ninik mamak adat Nagari Tanjuang Baringin menjelaskan, sesuai visi misi daerah yang dijabarkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), bahwa mewujudkan Pasaman yang Berimtaq dan Berbudaya merupakan prioritas utama dari seluruh rencana strategis program pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Pasaman.

Dikatakan bahwa, acara yang digelar pemuda pemudi Benteng ini akan mampu membangkitkan semangat silaturahmi diantara seluruh unsur yang ada di masyarakat. 

"Jika selama ini jarang bertemu karena kesibukan dan aktifitas masing-masing, maka pada kesempatan halal bil halal atau syukuran ini, segenap unsur dan komponen di masyarakat bisa saling berjumpa, bertegur sapa dan silaturahmi," tutup Benny Utama.

Sementara itu Ketua Panitia Roky didampingi Sekretaris Paniti, Ira, mengatakan syukuran masyarakat dan pemuda ini  dilaksanakan selama tiga hari, mulai Jumat hingga Minggu hari ini. 

"Acara melibatkan tiga kampung, yakni Kampung Jambak di bawah naungan Datuak Bagindo Majo Lelo, kemudian Kampung Baru dibawah Datuak Putiah dan Kampung Kandih sebagai cucu kemenakan Imam Basa," jelas Roky dan Ira.

Terakhir, atas izin ninik mamak, acara kita tutup dengan hiburan orgen tunggal pada Minggu malam, dengan menampilkan artis-artis ternama Sumatera Barat," tutup Ira. (Nurman)

Post a Comment

Previous Post Next Post