RSUD dr. Iskak Tulungagung Gelar Pembelajaran Bersama Pusat Jantung Nasional Harapan Kita

Realitakini.com-Tulungagung 
Bertempat di RSUD dr Iskak Kabupaten Tulungagung Pusat Jantung Nasional Harapan Kita telah meng gelar proctorship (pembelajaran)  tindakan balloon mitral valvuloplasty. Kegiatan ini bertujuan menambah wawasan dokter spesialis jantung RSUD dr. Iskak untuk membantu penanganan pasien gangguan jantung.

Hadir dalam kesempatan tersebut direktur rumah sakit, hadir pula wakil direktur, jajaran manajemen, panelis dari RSUD dr. Soetomo Surabaya dan RSUD dr. Saiful Anwar Malang, serta Ketua KSM Jantung dan Kepala Instalasi Diagnostic Intervensi Kardiovaskuler RSUD dr. Iskak Tulungagung.
Jumat (09/06/2023)

Dalam Proctorship Balloon mitral valvuloplasty (BMV) merupakan tindakan minimal invasif untuk memperlebar penyempitan katup mitral dengan melakukan dilatasi terhadap katup mitral menggunakan balon. Katup mitral adalah katup yang menghubungkan atrium kiri dengan ventrikel kiri, sehingga darah akan berjalan satu arah dari atrium kiri ke ventrikel kiri kemudian ke seluruh tubuh.

Berdasarkan laporan, dikutip dari beberapa sumber,kasus penyempitan katup mitral di Kabupaten Tulungagung masih tinggi. Gangguan ini bisa mengurangi kualitas hidup penderita seperti sering sesak napas.

“Proctorship ini menjadi istimewa karena membutuhkan keberanian, sebab jika tidak dilakukan dengan hati-hati dapat menyebabkan komplikasi besar,” ujar perwakilan Tim Proctorship BMV Pusat Jantung Nasional Harapn Kita, Dr. dr. Doni Firman, Sp. JP(K) di Ruang Cathlab RSUD dr. Iskak Tulungagung, Jumat (09/06/2023) beberapa waktu lalu.

Pihaknya menambahkan, kegiatan jejaring kardiovaskuler yang diinisiasi RSUD dr. Iskak ini terasa istimewa karena membuat Menteri Kesehatan terkesan.

Selaku Direktur RSUD dr. Iskak, dr. Supriyanto Dharmoredjo, Sp. B., M. Kes., menyampaikan merasa bersyukur atas terselengaranya kegiatan proctorship yang telah berjalan kelima kalinya di RSUD dr. Iskak tulungagung. 

“Harapannya Atas nama pribadi dan mewakili civitas hospitalia momen seperti ini tidak berhenti di sini. Dan kami sangat terbuka untuk dilakukan di waktu mendatang,” ujarnya. Forum ini akan meningkatkan kompetensi SDM di RSUD dr. Iskak. (edy)

Post a Comment

Previous Post Next Post