RT 01 Kelurahan Tanah Hitam Jadikan Agenda Qurban Tahunan Bagi Warganya


Realitakini.com - Padang Panjang
Berqurban juga dapat dimaknai sebagai salah satu kegiatan untuk menebus dosa yang kita punya,
Hal ini seperti yang disebutkan di dalam salah satu hadist shahih yang berbunyi sebagai berikut:

“Hai Fatimah, berdirilah di sisi qurbanmu dan saksikan lah ia, sesungguhnya tetesan darahnya yang pertama itu adalah pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu”. (HR. Al Bazaar dan Ibnu Hibban).

Qurban tersebut banyak dilakukan oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia saat ini, termasuk salah satunya di RT 01 kelurahan Tanah hitam kecamatan Padang Panjang Barat, pada hari Rabu tanggal 28 Juni  2023 M / 1444 H. melakukan penyembelihan hewan qurban, kegiatan itu dilakukan setelah sholat Idul Adha.

"Warga RT 01 Kelurahan Tanah hitam yang di komandoi ketua RTnya Syahrul son S,Pd juga salah seorang panitia qurban, sewaktu dikonfirmasi awak media dia mengatakan, hari ini kita telah mempersiapkan 3 (tiga) ekor sapi yang sehat dan agak gemuk berat dagingnya sekitar 110/1 ekor sapi.

Disamping hadirnya peserta qurban yang 21 orang itu, juga pada umumnya warga RT 01 Tanah hitam hadir dalam melakukan doa bersama di rumah ketua RT, sekaligus menunggu antrian pengambilan daging qurban.

Kegiatan qurban di RT 01 ini adalah yang ke 4 kalinya, ke depan kita juga berharap tentu akan mengupayakan tambahan peserta qurban di warga RT 01 nantinya, agar pembagian daging qurban bagi warga lebih banyak lagi, apalagi sekarang sudah ada yang melakukan pendaftaran kembali sebut Syahrul Son 

Adapun peserta qurban Rt 01 kelurahan Tanah hitam  kota Padang Panjang tahun 2023 M/1444 H. adalah atas nama  AGUNG HARUN ALRASYID. H. ERLIS. RAMADANIS. MITRA DEVI. SYAFRIL. ISMED. HASNIDA. HJ. ERNA WENA. HASBI MARSBAL. SYAHRUL. SUDADI. RIMA ERLIS. NURMITA. EDI HABRY. RENOL RAHMAN. ARYON WERI.A. ASRIL. ESTER EDWAR. YENTI. HAMDI AYAH HALEN. YARNIS.

"Pada waktu yang hampir bersamaan saat itu lurah tanah hitam Wetriko B. S.Sos diwakili oleh kasih pemberdayaan sosial Lola Ayusy S.Sos. yang akrab disapa dengan Lola itu mengatakan dengan telah suksesnya RT 01 kelurahan Tanah hitam melaksanakan qurban yang ke 4 pada tahun ini semoga kedepannya dapat dipertahankan, kalau dapat untuk penyembelihan hewan qurban di tahun berikutnya dapat bertambah.

Lola juga menyebut dari 18 RT yang ada di kelurahan Tanah hitam ini memang RT 01 ini agak menonjol untuk melakukan qurban di setiap tahunnya, saya sudah 3 tahun bertugas kelurahan Tanah hitam ini selalu mendapatkan kupon qurban untuk pengambilan daging nantinya, imbuhnya 

Juga melihat semangat kebersamaan warga di RT 01 di setiap tahunnya selalu meningkat, dari mulai perencanaan sampai pelaksanaan qurban tidak ada lagi masyarakat yang berpangku tangan, semua mencari tugasnya masing-masing seperti yang sudah diatur dalam rapat-rapat panitia qurban sebelumnya.

Ibu-ibu di RT 01 kelurahan Tanah hitam juga sangat kompak terlihat  bahu membahu dalam kegiatan itu, di sini juga selalu melakukan doa bersama warga yang hadir sambil menikmati hidangan hewan qurban yang telah dimasak tadi, ucapnya 

"Dalam penyembelihan hewan qurban itu juga hadir utusan dari dinas pangan pertanian Kota Padang Panjang yang tergabung dalam tim pemeriksaan  kesehatan hewan qurban bapak Deslirizal. MP.

Beliau juga mengatakan kehadirannya dari dinas pangan pertanian guna untuk meyakinkan kesehatan hewan kurban yang akan disembelih maupun pemeriksaan dilakukan setelah penyembelihan.

Seperti Pemeriksaan jeroan,  jeroan adalah sebutan lain untuk organ dalam dari hewan yang siap diolah menjadi berbagai jenis masakan. Organ dalam yang dimaksud bisa berupa lidah, babat, usus, hati, paru, jantung, limpa, dan otak.

Tujuan pemeriksaan ini juga berguna bagi masyarakat penerima daging qurban nantinya bahwa daging yang akan dikonsumsi masyarakat benar-benar sehat jauh dari penyakit, ucap Deslirizal 

Post a Comment

Previous Post Next Post