Tinjau Penas KTNA, Supardi Berharap Petani Sumbar Manfaatkan Kemajuan Teknologi

Realitakini.com- Sumbar 
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat Supardi mengharapkan petani bisa lebih ungguk dengan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk pengelolaan usaha pertanian. Seiring kemajuan teknologi yang semakin berkembang, petani juga hendaknya melakukan transofrmasi sehingga produksi pertanian bisa semakin optimal.

Harapan itu disampaikan Supardi saat meninjau pelaksanaan Pekan Nasional Kontak Tani dan Nelayan Andalan (Penas KTNA) XVI tahun 2023 yang dipusatkan di Landasan Udara Sutan Syahrir Padang, Senin (12/6/2023). Menurutnya, Penas Tani banyak menampilkan kemajuan demi kemajuan di sektor pertanian yang diharapkan bisa diserap oleh petani di Sumatera Barat untuk pengembangan usaha pertanian.

"Selama Penas KTNA ini banyak sekali ditampilkan alih teknologi di sektor pertanian, dari berbagai daerah. Kami berharap ini bisa diserap dengan baik oleh petani Sumatera Barat untuk pengembangan usahanya," kata Supardi.

Dalam kesempatan itu, Supardi menyempatkan berkunjung ke beberapa stan pengolahan hasil alam. Antara lain teknologi pengolahan kelapa sawit, konsep smart green house untuk sayur-sayuran hingga pengembangan sistem peternakan closed-loop. Dia menyebutkan, kelapa sawit merupakan salah satu komoditi perkebunan terbesar di Sumatera Barat.

"Dengan mempelajari teknologi pengolahan yang diperoleh di pekan KTNA ini, kami berharap ke depan petani Sumatera Barat bisa mengelola secara mandiri hasil perkebunan kelapa sawit mereka sehingga tidak lagi bergantung kepada pabrik-pabrik milik perusahaan besar," ucapnya.

Supardi juga melihat pengembangan sistem closed-loop pada peternakan adalah suatu pola yang sangat menguntungkan, sementara Sumatera Barat juga berpotensi besar di sektor peternakan. Menurutnya,sistem tersebut merupakan suatu pola pendekatan terpadu untuk mendorong perkembangan agribisnis berkelanjut an, meningkatkan produktivitas ternak sehingga hasil yang diperoleh menjadi lebih maksimal.

Supardi berharap, Kementerian Pertanian membantu melalui program pembinaan untuk pengembangan sektor pertanian dan peternakan di Sumatera Barat. Pemerintah daerah juga diharapkan agar merangkul para petani melalui bimbingan dan penyuluhan agar bisa memanfaatkan kemajuan teknologi agar pe ngelolaan usaha pertanian dan peternakan mereka menjadi lebih baik dan memberikan nilai ekonomi lebih besar lagi. ( *RK)

Post a Comment

Previous Post Next Post