Usin Sembiring Anggota Dewan Provinsi Bengkulu Pro Aktif Setiap Kegiatan Kemasyarakatan

Realitakini.com - Bengkulu 
Salah seorang Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Bengkulu, Usin Abdisyah Putra Sembiring sangat pro aktif di setiap kegiatan masyarakat seperti di pelatihan pilah, pilih dan kelola sampah rumah tangga, Senin (19/06/2023).

Pelatihan Pilah, pilih dan kelola sampah rumah tangga di Kelurahan Kebun Geran Kecamatan Ratu Samban tujuannya mendorong pengelolaan sampah dilakukan sejak dari rumah tangga, tidak berakhir sampai ke TPA. Pengelolaan sampah diantaranya sampah organik maupun sampah non organik hingga Konsep Zero Wise bisa terwujud.

“Target tahun ini, dari penyadaran ke masyarakat kita di kota bengkulu bisa mendirikan bank sampah unit yang mengelola ditingkat RT ataupun kelurahan,” ucapnya.



Program ini adalah program lanjutan dan pengembangan wilayah dari tahun sebelumnya, dan antusiasme kader-kader ini tidak terlepas dari banyaknya teman-teman aktivis, akademis, relawan lingkungan yang terus menerus ikut mendampingi dan melatih.

Pada kesempatan ini ia juga memberikan bantuan bibit pisang, mereka bilang ini pisang bang usin alias pisang cavendis.

Ia membagikan bibit ini untuk memberikan kesadaran menanam di pekarangan membantu penguatan ketahanan pangan di Kota Bengkulu, sekaligus memanfaatkan hasil pengelolaan limbah sampah organik kompos sebagai pupuk dan air lindi sebagai POC.

“Dengan begitu siklus program terus berjalan dan mereka perlahan akan mengetahui bagaimana nikmatnya buah-buahan organik tanpa pupuk kimia hasil buatan sendiri. Begitulah seharusnya membangun siklus program dalam lingkungan hidup berkelanjutan,” ucapnya. (Rk/*)

Post a Comment

Previous Post Next Post