Wakil Bupati Pasaman Didaulat Nara Sumber GTTGN Tingkat Nasional

 


Realitakini.com -- Pasaman

Pengelolaan sumber daya alam nagari melalui penerapan teknologi tepat guna adalah untuk meningkatkan pendampatan masyarakat, membuka lapangan kerja, meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, meningkatkan pendapatan pemerintah dan meningkatkan nilai tambah produk.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS saat di daulat sebagai nara sumber lokakarya dalam rangka Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) Tingkat Nasional XXIV tahun 2023 PKOR Way Halim, Bandar Lampung, Rabu (7/6/2023).

Dalam lokakarya tersebut, Sabar AS menyatakan materi "Peranan Pemerintah Daerah Pengembangan Daya Saing Nagari Berbasis Teknologi Tepat Guna di Kabupaten Pasaman."

Pengelolaan sumber daya alam nagari melalui penerapan teknologi tepat guna adalah untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, membuka lapangan kerja, meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, meningkatkan pendapatan pemerintah dan meningkatkan nilai tambah produk, katanya.

Di hadapan peserta, Sabar juga menyebutkan, oven pengering serba guna berbahan bakar oli bekas, dan  alat pengikis kulit ari tebu, serta batu bata dari sampah plastik, adalah penerapan teknologi tepat guna yang sudah ada di Pasaman.


Selanjutnya, Ia menerangkan keberadaan teknologi tepat guna (TTG) oven pengering serba guna ini sangat memberikan manfaat kepada masyarakat Pasaman

"Potensi perkebunan dan pertanian yang besar di Pasaman membuat oven serba guna ini sangat banyak manfaatnya."ujar Sabar AS.

Pada awalnya kata Sabar AS, petani di Pasaman mengeringkan hasil pertanian dan perkebunannya menggunakan terik matahari, dan itu memakai waktu lama dan tergantung kepada cuaca alam.

Mengingat begitu besarnya nilai guna hasil komoditi masyarakat dan mempercepat pengeringan komoditi tersebut, Yuhandi warga Panti Selatan membuat  inovasi TTG mesin oven pengering berbahan bakar oli bekas.

Menurutnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman akan memberdayakan teknologi tersebut, "Luar biasa manfaatnya, kita akan berdayakan dan kembangkan untuk masyarakat Pasaman kedepan, ungkapnya.

Terima kasih Yuhandi dan seluruh komponen yang telah berjasa, selalu lah berkarya untuk mewujudkan masyarakat Pasaman yang lebih baik dan bermartabat," tutup Wakil Bupati Pasaman. (Nurman)


Post a Comment

Previous Post Next Post