Bidang Ekonomi Kemasyarakatan Dan Budaya Jadi Prioritas Utama Dalam Musnag Rambatan


Realitakini.com Tanah Datar                                    -Bidang Ekonomi kemasyarakatan dan budaya jadi skala prioritas dalam Musyawarah Nagari (Musnag) Rambatan kecamatan Rambatan, Rabu (12/07/2023) bertempat di Aula Rapat kantor wali nagari Rambatan Kabupaten Tanah Datar. 

Dalam sambutannya Wali nagari Rambatan Edi Indra menyampaikan jika bidang ekonomi kemasyarakatan terutama ketahanan pangan dan budaya menjadi prioritas utama karena pembangunan pisik diperkecil dengan harapan pemerintah nagari dengan mendorong pemerintah daerah kabupaten,  propinsi dan pusat untuk membangun insfrastruktur di daerah tersebut. 

"Sekarang dana kita untuk nagari 1,2 M dan dana yang bisa dikembangkan hanya 59 persen 5 persen untuk operasional nagari untuk itu kami minta pemerintah daerah untuk menekan angka ini, karena saat ini ketahanan pangan sebanyak 20 persen untuk itu kita berupaya untuk mencari dana ke provinsi dan pusat karena anggaran dari daerah terbatas dari pusat kami dapat  sebesar 6.7 M berasal dari dana pokir anggota DPR RI dari fraksi ujarnya.

Lebih lanjut Edi Indra menyampaikan dari provinsi dibidang pertanian irigasi dan jalan usaha tani sepanjang. Bantuan pusat itu berupa bentuk pisik jalan sepanjang 2,5 km di ngun ngun panti itu berasal dari pokir dan murni dari perjuangan pak bupati Eka Putra. 

"Ada dua titik pembangunan sarana irigasi di nagari rambatan berasal dari pokok pikiran anggota dewan untuk irigasi di Pabalutan berasal dari pokirnya anggota DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim dan satu lagi dari di Sawah Tabiang," Kata Edi Indra. 

Sementara itu Bupati Tanah Datar dalam amanatnya yang disampaikan Kasi Pem kecamatan Rambatan El Nofi mengatakan Kegiatan ini digelar dalam rangka penyusunan perencanaan Nagari yaitu penyusunan RKP 2024 dan Du RKP Tahun 2025, 

" Di Tanah Datar penyusunan RPJM dan RKP Nagari diatur lebih lanjut dengan Peraturan Bupati Tanah Datar nomor 23 tahun 2019 tentang petunjuk teknis penyusunan Rencana Pemerintah jangka menengah (RPJM) dan Rencana Kerja pemerintah (RKP) Nagari, " sampainya. 

Lebih lanjut El Nofi mengatakan Musnag merupahkan agenda rutin Nagari yang digelar setiap tahun sebagaimana diatur dalam peraturan mentri dalam negeri nomor 114 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan Desa. 

"Musnag merupahkan kegiatan dari BPRN untuk itu kita berharap partisipasi semua peserta musyawarah dan unsur masyarakat untuk berperan aktif dalam mendukung dan bekerjasama dalam mewujutkan visi dan misi pemerintah kabupaten Tanah Datar. Dengan merumuskan tema pembangunan 2024 yaitu peningkatan perekonomian daerah dan kualitas pelayanan publik melalui program unggulan daerah dengan peringkat pembangunan tahun 2024," tuturnya. 

Sebelumnya Musnag Rambatan dibuka secara resmi oleh ketua BPRN Gusfera papilopa dihadiri oleh Tim Musnag Kabupaten Tanah Datar, Forkopimca kecamatan Rambatan, Camat, walinagari Rambatan Edi Indra,  BPRN, Ketua KAN, lembaga unsur niniak mamak, alim ulama dan cadiak pandai, tokoh masyarakat  dan peserta musyawarah.  (**) 

Reporter : Mailis RK

Post a Comment

Previous Post Next Post