Musnag Tanjung Barulak Kecamatan Tanjung Emas Hari Ini Digelar



Realitakini.com Tanah Datar                                   -Musyawarah Nagari (Musnag) Tanjung Barulak kecamatan Tanjung Emas dibuka secara resmi oleh ketua BPRN Jebriandi, AMD, Rabu (05/07/2023) di aula kantor wali nagari setempat. 

Hadir dalam Musyawarah Nagari tersebut Anggota Tim Musyawarah Nagari kabupaten Tanah Datar, Forkopimca kecamatan Tanjung Emas, Camat, walinagari Tanjung Barulak, Ketua BPRN, Ketua KAN, lembaga unsur niniak mamak, alim ulama dan cadiak pandai, tokoh masyarakat  dan peserta musyawarah. 

Dalam sambutannya Pj walinagari Tanjung Barulak M. Iqbal Latif Hamdani, S. STP menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat musyawarah kepada semua peserta dan berharap musyawarah tersebut menghasilkan capaian untuk pembangunan masyarakat Nagari Tanjung Barulak. 

Sementara itu dari pantauan awak media yang meliputi langsung kegiatan musyawarah nagari tanjung barulak musyawarah kali ini minus kehadiran anggota DPRD dari Dapil 1 atau Dapil masuk daerah tersebut. 

Dalam kesempatan tersebut Camat Tanjung Emas diwakiki Sekcam Yoghi Alfinder, S. STP menyampaikan amanat dari bupati tanah Datar bahwa Musyawarah Nagari (musnag) merupahkan agenda rutin Nagari yang digelar setiap tahun sebagaimana diatur dalam peraturan mentri dalam negeri nomor 114 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan Desa. 

"Kegiatan ini digelar dalam rangka penyusunan perencanaan Nagari yaitu penyusunan RKP 2024 dan Du RKP Tahun 2025, di Tanah Datar penyusunan RPJM dan RKP Nagari diatur lebih lanjut dengan Peraturan Bupati Tanah Datar nomor 23 tahun 2019 tentang petunjuk teknis penyusunan Rencana Pemerintah jangka menengah (RPJM) dan Rencana Kerja pemerintah (RKP) Nagari, " sampainya. 

Lebih lanjut Yoghi Alfinder berharap partisipasi semua peserta musyawarah dan unsur masyarakat untuk berperan aktif dalam mendukung dan bekerjasama dalam mewujutkan visi dan misi pemerintah kabupaten Tanah Datar . 

"Untuk mewujutkan visi dan misi tersebut pemerintah sudah memiliki yaitu. 
-meningkatkan kehidupan beragama, beradat dan berbudaya 
-meningkatkan perekonomian masyarakat dengan memperluas lapangan pekerjaan dibidang pertanian, industri dan UMKM. 
-meningkat sumber daya manusia yang berkualitas dan daya saing
-pembangunan pariwisata berkelanjutan yang berbasiskan adat, budaya dan sumber daya alam. 
-Mewujutkan tata kelolah pemerintahan yang akuntabel, efektif dan efisienefisien. 
-Meningkatkan pembangunan insfrastruktur dan lingkungan hidup yang berkelanjutan, " tuturnya. (**). 

Reporter

Post a Comment

Previous Post Next Post