Suwirpen Suib Arahkan Pokir untuk Kembangkan Potensi Kewirausahaan Kaum Perempuan

Realitakini.com-Padang 
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat Suwirpen Suib men dorong kaum perempuan untuk mengembangkan potensi dan meningkatkan kemampuan dalam kewirausahaan. Salah satunya adalah melalui usaha kuliner yang banyak digeluti oleh kaum perempuan di Sumatera Barat.

Pengembangan potensi kewirausahaan kaum perempuan itu diwujudkan Suwirpen dengan penyaluran pokok-pokok pikiran (pokir) ke dalam program pembinaan terhadap pelaku usaha kuliner di Kota Padang. Melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat, Suwirpen mengarah kan pokirnya untuk melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) Pengelolaan Kuliner.

Bimtek Pengelolaan Kuliner Angkatan Pertama dilaksanakan tanggal 12 sampai 15 Juli 2023. Peserta Bimtek sebanyak 52 orang adalah kaum perempuan pelaku usaha kuliner di Kota Padang.

"Melalui peningkatan kemampuan kaum perempuan dalam kewirausahaan, akan mendorong penguatan perekonomian keluarga sehingga meningkatkan kesejahteraan," ungkap Suwirpen membuka Bimtek tersebut, Rabu (12/7/2023).

Suwirpen berharap, peserta dapat mengikuti pelatihan tersebut dengan baik dan serius sehingga meningkatkan kemampuan dan pemahaman terhadap kewirausahaan. Dengan penguasaan tata kelola yang baik, maka usaha yang dijalankan dapat berkembang sukses dan mendatangkan hasil yang lebih menguntungkan.

"Usaha yang dijalankan dengan tata kelola yang baik akan berkembang dan mampu bertahan dalam berbagai situasi gonjang-ganjing ekonomi," ujarnya.

Suwirpen menambahkan, kesuksesan sebuah usaha tidak hanya bergantung kepada besaran modal, namun yang terpenting adalah tata kelola. Meskipun hari ini hanya usaha kuliner dalam skala kecil, bukan tidak mungkin nantinya akan berkembang pesat dan tidak lagi sekedar penambah penghasilan keluarga.

Dalam kesempatan itu Suwirpen juga mengajak peserta untuk yakin dan bersungguh-sungguh dalam menggeluti usaha yang dijalankan. Selain modal dan tata kelola usaha, hal lainnya yang menjadi kunci sukses adalah keyakinan atau optimisme.

"Tanamkan rasa percaya diri, yakin dengan usaha yang dijalankan dan jangan mudah patah semangat," sarannya.

Dalam bimtek tersebut menghadirkan beberapa pemateri, yang antara lain memberikan materi tentang pengolahan makanan yang memenuhi standar gizi, pengemasan makanan siap saji dan lainnya. Selain itu juga ada materi tentang promosi memanfaatkan ruang digital melalui strategi pembuatan konten untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat luas. ( * RK)


Post a Comment

Previous Post Next Post