Arkadius Dt Intan Bano Serahkan Bantuan Benih Ikan Dan Pakan Ikan Di Tanah Datar


Realitakini.com Tanah Datar                                    -Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatra Barat Ir H Arkadius Dt Intan Bano dari Fraksi Demokrat, didampingi Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) provinsi menyerahkan bantuan berupa bibit ikan kepada 8 kelompok penerima di Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (26/03/2023) bertempat di kelompok Panta Saiyo Kecamatan Rambatan. 

Dalam kesempatan tersebut diserahkan 676.560 benih  mbibit ikan air tawar yang terdiri dari bibit ikan Nila dan bibit ikan lele serta pakan ikan sebanyaj 3.835 kg. 

Empat kelompok penerima bantuan bibit ikan lele yaitu, kelompok Saiyo sakato Jorong Tiga Batur Sungai Tarab, Emas Sumbar Jorong Koto Panjang Sungai Tarab, Kusuma Jorong Bayu kecamatan Tanjung Baru, dan Panta Saiyo Nagari Rambatan Kecamatan Rambatan, merupahkan penerima bantuan bibit ikan Nila. 

Sedangkan penerima bantuan bibit ikan lele adalah kelompok budidaya ikan (Pokdakan) Jati Kenangan Nagari Buo kecamatan Lintau Buo, Tanjung Bonou Nagari Barulak kecamatan Tanjung Baru, Mina Nan Enam Nagari Sungai Tarab kecamatan Sungai Tarab, dan Simpago Nagari Padang Magek kecamatan Rambatan. 

Sebelumnya Dinas Peternakan dan perikanan kabupaten Tanah Datar melalui kabid dalam sambutannya menyampaikan ucapan Terima kasih kepada Arkadius Dt Intan Bano yang sudah mengalokasikan dana untuk bantuan bibit ikan air tawar kepada 8 kelompok di Tanah Datar. 

Wali nagari Rambatan Edi Indra dalam sambutannya juga mengucapkan Terima kasih atas bantuan bibit ikan air tawar untuk kelompok  budidaya ikan di Nagari Rambatan yang menurutnya dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat 

Anggota DPRD Sumatra Barat Arkadius Dt Intan Bano dalam sambutannya menyampaikan mulai tahun 2023 melalui dinas Kelautan dan perikanan melaui pokir sudah bisa membantu kelompok budidaya ikan air tawar. 

"Pada tahun ini saya membantu bibit ikan air tawar untuk 8 kelompok di Tanah Datar, 3 kelompok di padang Panjang dan 1 kelompok di Dharmasraya," Katanya. 

Lebih lanjut menurut Arkadius Dt Intan Bano anggota DPRD Sumbar tiga periode tersebut mengatakan bantuan yang di berikan merupahkan aspirasi masyarakat yang diakomodir dari pokok pikiran (pokir) anggota Dewan. 

"Untuk itu kita berharap bagi kelompok yang menerima bantuan bibit ikan aga bisa menjaga dan betul betul di merawat dengan tidak lupa untuk terus membangun komunikasi , agar segala sesuatu bisa berjalan dengan baik, " tukas Arkadius Dt Intan Bano.

Sementara itu Sekretaris Dinas perikanan dan kelautan provinsi sumbar Resi Suriati, S.Pi,M.Si dalam sambutannya mengatakan jika bantuan bibit ikan sekaligus pakan ikan bersumber dari pokok pikiran (Pokir) Arkadius Dt Intan Bano anggota DPRD provinsi Sumbar. 

"Bantuan bibit ikan ini berasal dari pokirnya Bapak Arkadius Dt Intan Bano, karena kalau melalui dinas belum bisa memberikan bantuan karena terkait aturan, dinas bisa juga memberikan bantuan tapi lama menunggunya karena harus mengikuti seluruh regulasi, sementara dari pokir bisa di laksanakan secepatnya, " ujarnya. 

Lebih lanjut Resi Suriati menyampaikan Pokir dari Anggota DPRD Sumbar Arkadius Dt Intan Bano yang ada di Dinas Kelautan dan perikanan tersebut akan di gunakan untuk memberikan bantuan untuk kelompok budidaya ikan tidak hanya di Tanah Datar tapi juga di kabupaten/kota lain, seperti Padang Panjang, sawahlunto, Sijunjung dan Dharmasraya.

"Semoga bantuan yang telah diberikan Bapak Arkadius Dt Intan Bano melalui DKP Sumbar ini dapat bermanfaat dan dapat memberikan dampak peningkatan ekonomi kepada masyarakat," pungkasnya. (**) 

Reporter : Mailis 

Post a Comment

Previous Post Next Post