Diselenggarakan I-DERU, Wawako Solok Buka TOT Kebencanaan

Realitakini.com- Kota Solok 
Wakil Walikota (Wawako) Solok Ramadhani Kirana Putra, secara resmi membuka Training Of Trainer (TOT) Kebencanaan yang diselenggarakan oleh Indonesian Disaster Emergency Response Unit (I-DERU) , bertempat di Taman Pramuka, Pulau Belibis Kota Solok, Jumat (25/08/2023).

TOT Kebencanaan ini diikuti oleh 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat (Sumbar), dan beberapa provinsi di Sumatera seperti Jambi, Riau dan Bengkulu.

Dalam sambutannya, Wawako Solok menyampaikan terima kasih kepada I-DERU yang telah datang ke Kota Solok untuk saling berbagi pengetahuan, dan pengalaman pertama kali dalam membantu masyarakat kita diurusan kebencanaan. 

Dikatakan Ramadhani Kirana Putra, bencana alam tak pernah dapat diprediksi kapan datangnya. Namun, setiap kita yang hidup di wilayah rawan bencana harus selalu siap menghadapi kedatangannya. 

"Sudah saatnya kita yang memiliki peran khusus dalam penanggulangan bencana alam, dengan diberikan berbagai pelatihan. Mudah-mudahan ilmu yang didapatkan selama Training of Trainer ini dapat ber manfaat bagi kita semua, dan bisa diserap sebanyak-banyaknya karena dari apa yang kami dapatkan referensi tentang I-DERU sendiri, merupakan sebuah lembaga yang berkompeten serta berpengalaman," sebut Ramadhani Kirana Putra.

Wawako Solok juga berharap pada seluruh peserta pelatihan baik dari unsur relawan, organisasi kepemuda an, maupun kelompok strategis lainnya, dapat ikut serta meningkatkan kesiapan menghadapi berbagai potensi bencana di wilayahnya masing-masing. Sehingga kali ini dapat terwujud Indonesia yang tangguh bencana.

"Kami tahu dan yakin latar belakang bapak dan ibu, saudara-saudara semua hadir di sini berangkat dari keikhlasan kita sendiri untuk menjadi relawan dan ingin membantu masyarakat kita. Mudah-mudahan segala niat yang bapak Ibu kerjakan bernilai ibadah oleh Allah subhanahu wa ta'ala," ucapnya.

Kita saling support, imbuhnya, mudah-mudahan apa yang menjadi harapan dari keluarga besar I-DERU untuk melaksanakan TOT Kebencanaan ini dapat tercapai dengan keseriusan saudara-saudara semua. (Sy)

Post a Comment

Previous Post Next Post