Calon Wali Nagari Minangkabau Chandra Antoni Sampaikan Visi Dan Misi


Realitakini.com Tanah Datar                                   -Ikut dalam ajang Pemilihan wali nagari (Pilwanag) serentak Tahun 2023 Nagari Minangkabau kecamatan Sungayang kabupaten Tanah Datar, Chandra Antoni, SE, sampaikan Visi dan Misi, Rabu (20/09/2023) di Aula SD Nagari Setempat. 

Tahapan penyampaian visi dan misi dari calon wali nagari yang diselenggarakan panitia pemilihan Wali Nagari (PPWN) Nagari Minangkabau turut dihadiri oleh forkopimca kecamatan Sungayang,  Pj Walinagari, BPRN,  KAN, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan undangan lainnya. 

Dalam kesempatan tersebut calon wali nagari nomor urut 4 Chandra Antoni menyampaikan visi misinya yaitu Menjadikan Nagari Minangkabau yang Agamis yang unggul dalam Pertanian, Pendidikan, dan Pemberdayaan masyarakat berdasarkan Adat Basandi Syarak Syarak Basandi khitabullah. 

Sedangkan Misi yaitu 
-mewujudkan pelayanan pemerintahan nagari menjadi layanan yang prima, adil transparan dan akuntable dan berbasis teknologi informasi. 
-Mengoptimalkan fungsi Tungku Tigo Sajarangan, Bundo kanduang,  dan masjid, surau, rumah tahfizh hingga TPA sebagai wadah menciptakan masyarakat Minangkabau yang agamis dan ber adat
-Wewenang sektor pertanian secara menyeluruh dimulai dengan penyemaian, pembibitan, pemeliharaan sampai panen, memggenjot hasil. Pertanian serta mengoptimalkan lahan untuk peternakan dan perkebunan. 
-Mengoptimalkan potensi anak nagari dibidang pendidikan maupun minat dan bakat dalam meraih prestasi sehingga menunjang kehidupan masa depan. 
-Pemberdayaan pemuda kaum ibu di bidang seni, umkm, dan koperasi antar lembaga dengan baik
-Menyatuhkan seluruh potensi sumber daya manusia  masyarakat nagari Minangkabau baik di rana maupun di rantau serta pihak lainnya untuk kemajuan nagari Minangkabau. 

"Dalam visi dan misi kita juga perlu mengenali nagari Minangkabau dibidang pertanian memiliki potensi yang bisa di manfaatkan sawah yang luas yang belum di olah dan belum mendapatkan hasil secara maksimal. Dibidang perkebunan nagari menghasilkan perkebunan kelapa dan coklat namun beberapa tahun terakhir harga komoditi tersebut mengalami penurunan dan disisi lain Nagari Minagkabau juga memiliki komoditi unggul lainnya, " tukas Chandra Antoni. (**) 

Mailis

Post a Comment

Previous Post Next Post