Gubernur Sumbar :Atas Kolaborasi Seluruh Pihak " Sumbar Menjadi Provinsi Terkemuka Berbasis Sumber Daya Manusia Yang Agamais Pada Tahun 2025"

Realitakini.com-Padang 
Mengawali sambutan ini, Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah mengatakan," izinkan saya mewakili Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, mengucapkan selamat Hari Jadi Sumatera Barat yang ke-78 kepada semua masyarakat Sumatera Barat, baik yang di ranah ataupun di rantau. Semoga peringatan ini mampu memberikan motivasi yang lebih tinggi kepada kita semua untuk membangun Sumatera Barat menuju masyarakat yang madani dan unggul Gubernur Sumatera barat

Lebih lanjut Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah mengatakan. Sebaga imana kita ketahui, peringatan hari jadi tahun ini merupakan yang ke-4 sejak ditetapkan pada 2019 lalu. Dua tahun pertama, peringatan hari jadi berlangsung di tengah pandemi COVID-19, sehingga tidak banyak yang bisa kita lakukan. 
Alhamdulillah, pada 2022 lalu dan 2023 ini, kita bisa melaksanakan serangkaian kegiatan yang melibatkan banyak lapisan masyarakat. Tidak saja di Padang kita juga membawa suasana peringatan hari jadi Sumatera Barat ini ke kabupaten/kota di Sumatera Barat.  Semua atas kolaborasi bersama dengan seluruh pihak dalam merealisasikan visi daerah "Menjadi Provinsi Terkemuka Berbasis Sumber Daya Manusia yang Agamais pada Tahun 2025" kinerja Pemprov Sumbar berhasil mendapatkan respon positif dan segudang perhargaan dari Pemerintah Pusat
Semoga ke depan, peringatan hari jadi provinsi kita bisa lebih semarak dan melibatkan lebih banyak masyarakat baik di ranah ataupun di rantau. Semoga peringatan ini bisa menjadi momentum tahunan untuk membangkitkan kesadaran bagi semua masyarakat Sumatera Barat untuk lebih mencintai kampungnya, mencintai budayanya, dan lebih termotivasi untuk membangun Sumatera Barat yang tercinta ini.Sesuai dengan Visi Provinsi Sumatera Barat yang tertuang di RPJPD ‘Menjadi Provinsi Terkemuka Berbasis Sumber Daya Manusia yang Agamais pada Tahun 2025’, maka banyak upaya telah kita lakukan. Setiap masa kepemimpinan telah berbuat secara optimal. Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota, Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, bahkan pengusaha, dan berbagai komponen masyarakat, telah bahu-membahu membangun Sumatera Barat.
Telah banyak hasil yang kita raih kita rasakan saat ini. Puas? tentu belum, karena pembangunan adalah proses yang berlangsung terus-menerus. Tidak akan pernah berhenti pada satu titik. Proses pembangunan akan selalu bergerak cepat sesuai dengan harapan dan kebutuhan manusia yang juga selalu berkembang.Namun demikian, sebagai refleksi, kami akan sampaikan capaian-capaian yang telah kita raih bersama dalam beberapa waktu ini.Data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Barat, menyebutkan bahwa Indeks Pembanguna Manusia (IPM) Sumatera Barat terus mengalami kemajuan, IPM di periode 2017 yang berada di angka 71,24, meningkat menjadi 73,26 pada 2022; lebih tinggi dari capaian nasional yang hanya 72,91.
IPM ini terbantu oleh capaian di sektor pendidikan dan kesehatan, di mana rata-rata lama sekolah Sumatera Barat saat ini berada di 9,18 Tahun, dan harapan lama sekolah berada di angka 14,10 tahun, yang artinya sudah di Perguruan Tinggi tahun ke-2. Selanjutnya usia harapan hidup, kita saat ini berada di angka 69,90 tahun. Capaian ini tentu cukup melegakan kita sebagai daerah yang memang berharap kepada sumber daya manusianya.Di sektor Ekonomi, alhamdulillah angka kemiskinan di Sumatera Barat tahun demi tahun terus mengalami penurunan. Pada 2017, penduduk miskin kita berjumlah 364.510 orang, atau 6,87%. Pada 2020, kemiskinan mampu ditekan hingga ke angka 344.230 jiwa, atau 6,28%. Walau sempat naik kembali pada 2021, tapi alhamdulilah, pada 2022, dengan upaya kita bersama, angka kemiskinan kembali menurun menjadi 335.210 jiwa atau 5,92%. 
Selanjutnya, PDRB Per kapita atas harga berlaku Sumatera Barat dalam tiga tahun terakhir (2020-2022) menunjukkan tren peningkatan yang stabil. Pada 2020 Rp43,82 juta, kemudian pada 2021 meningkat Rp45,35 juta, dan pada 2022 mencapai Rp50,59 juta. Hampir semua lapangan usaha pada 2023 mengalami peningkatan angka PDRB, yang tertinggi yaitu di sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan, yakni sebesar 21,20%.Upaya pengentasan kemiskinan juga terus kita optimalkan. Tahun ini, Rp1,6 triliun rupiah dana APBD kita alokasikan untuk program-program yang diarahkan untuk menurunkan beban pengeluaran masyarakat; meningkatkan pendapatan masyarakat; dan mengurangi kantong-kantong kemiskinan di Sumatera Barat. 

Di Hari Jadi Sumbar ke-78 ini izinkan Kami menyampaikan beberapa prestasi Pemda yang diapresiasi oleh Pemerintah, baik Presiden langsung maupun dari kementerian/lembaga, diantaranya::
1.penghargaan atas capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-11 kali secara berturut-
   turut. Ini merupakan bukti akan baiknya pengelolaan keuangan pemerintah daerah; 
2.secara bersamaan Gubernur dan Wakil Gubernur menerima penghargaan Satyalancana Pembangunan 
   dan Satyalancana Wira Karya dari Presiden RI, ini merupakan bukti kesungguhan Pemprov Sumbar       di  bidang pertanian
3.Peringkat 3 Nasional Penerapan Standar Pelayanan Minimal Award (SPM Award) dari Menteri Dalam
   Negeri RI sebagai bukti keberpihakan Sumatera Barat kepada masyarakat miskin dan sekaligus               wujud optimalisasi pemerataan pelayanan dasar di Sumatera Barat; Negeri RI sebagai bukti
    keberpihakan Sumatera Barat kepada masyarakat miskin dan sekaligus wujud  oktimalisasi  pe 
   pemerataan pelayanan dasar di Sumatera Barat;
4.Penghargaan Innovative Government Award (IGA) dari Menteri Dalam Negeri RI sebagai bukti 
    tingginya inovasi Pemprov Sumbar;
5.Penghargaan Kepala Daerah Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terbaik Tahun 2023 d
   ari Menteri Ketenagakerjaan RI, penghargaan ‘Green Leadership Nirwasita Tantra 2022’ dari Menteri 
   Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI;
6.Penghargaan Bintang Adidaya Jagadita dari Menteri Perindustrian RI merupakan penghargaan 
    tertinggi bidang Koperasi yang menunjukkan keseriusan Pemprov Sumbar dalam melaksanakan 
   pemberdayaan kepada koperasi di Sumatera Barat;
7.Lencana Satya Utama Inovasi Desa yang diberikan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah  Ter 
    tinggal, dan Transmigrasi, atas keberhasilan Pemprov Sumbar dalam pembinaan pemberdayaan 
   masyarakat desa dalam menggunakan teknologi tepat guna sehingga bermanfaat untuk peningkatan 
   kesejahteraan masyarakat desa; 
8.Anugerah KPAI 2023 dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, atas  
   kontribusi   Pemprov Sumbar dalam hal pemenuhan hak dan perlindungan anak;
9.Penghargaan Nirwasita Tantra 2022 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan adalah bukti 
   Pemprov Sumbar dinilai telah merumuskan dan menerapkan kebijakan dan program kerja sesuai 
   dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan;
10.Penghargaan atas Penindakan dan Penegakan Hukum Terhadap Sindikasi Kejahatan Terhadap 
     Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari BP2MI, ini bukti bahwa kita telah berupaya melindungi PMI t.
,    khususnya yang berasal dari Sumatera Barat; dan banyak penghargaan lagi lainnya yang diterima 
     atas nama kita semua masyarakat Sumatera Bara
Dalam kesempatan ini juga, Kami merasa perlu mengingatkan bahwa tahun depan merupakan tahun penyelenggaraan pesta demokrasi. Pesta demokrasi ini merupakan penentu masa depan negara kita, tidak terkecuali daerah kita tercinta Sumatera Barat. Oleh sebab itu, mari kita ajak seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya sesuai asas Pemilu yakni LUBER (Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia).Kita menyadari bahwa menjelang hari pemungutan suara pemilihan legislatif dan pemilihan presiden pada Rabu 14 Februari 2024, konstelasi politik akan bergulir. Khusus untuk pemilihan presiden, ini akan menyedot perhatian seluruh warga masyarakat. Kubu pasangan calon akan saling bersosialisasi dan berjuang memenangkan hati masyarakat. Kita khawatir, akan ada lagi perilaku sebahagian masyarakat yang melakukan kampanye negatif adu domba, hoax bertebaran di media sosial dan dibanjiri berbagai macam unggahan tentang politik disertai komentar-komentar tajam dan pedas.  

Kami mengimbau kepada Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat, dan seluruh masyarakat agar tidak mudah terpengaruh dan lebih cerdas dalam menerima informasi. Periksa terlebih dahulu pesan-pesan yang didapatkan di media sosial, jangan langsung percaya, apalagi langsung menyebarkannya. Kita berharap Sumatera Barat yang kita cintai ini akan terus terjaga dari segala bentuk isu dan konflik SARA. Jangan sampai pada saat kita berpesta yang seyogyanya bergembira, dikarenakan perbedaan pilihan memicu terjadinya peristiwa-peristiwa yang dapat merusak keharmonisan di antara kita sesama bangsa Indonesia, terkhusus masyarakat Sumatera Barat.
Ingat, lima menit menentukan lima tahun ke depan. Oleh sebab itu, pilihlah yang terbaik sesuai dengan pengetahuan dan hati nurani. serta tolak setiap bentuk politik uang yang dapat mempengaruhi pilihan politik karena politik uang merupakan cikal bakal tumbuh suburnya korupsi di negara yang kita cintai ini.Di akhir penyampaian ini, sekali lagi Kami mengapresiasi banyaknya keberhasilan yang telah dicapai Pemerintah Provinsi dan DPRD Provinsi Sumatera Barat selama ini. Apresiasi tidak lupa juga kami berikan kepada seluruh ASN di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, serta seluruh masyarakat. Keberhasilan yang dicapai tidak akan terwujud tanpa adanya hubungan baik, harmonisasi penyelenggaraan pemerintahan, serta dorongan dan keikutsertaan masyarakat. Kami berharap, hubungan baik ini dapat selalu terjaga sampai kapanpun. Demikian yang dapat disampaikan. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala selalu memberkahi kita semua. Sekali lagi, ‘Selamat Hari Jadi Sumatera Barat yang ke-78.’ Sumbar Terus Maju, Menuju Sejahtera ( adpsb) Advetorial 

Post a Comment

Previous Post Next Post