Anggota DPRD Sumbar Arkadius Dt Intan Bano Gelar Bimtek Penyuluh Sosial Masyarakat


Realitakini.com Bukittinggi                                      -Anggota DPRD provinsi Sumatra Barat dari Fraksi Demokrat Ir. H Arkadius Dt Intan Bano bersama Pemerintah provinsi Sumbar melalui Dinas Sosial menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penyuluh sosial Masyarakat Kabupaten Tanah Datar, Rabu (29/11/2023) di Hotel Balcone Bukittinggi. 

Bersumber dari pokok pikiran (Pokir) anggota DPRD Sumbar Arkadius Dt Intan Bano, Giat Bimtek digelar dari tanggal 28 - 30 November 2023 diikuti oleh sebanyak 125 peserta yang terdiri dari relawan penyuluh sosial dari nagari se kabupaten Tanah Datar. 

Dalam sambutannya Arkadius Dt Intan Bano mengatakan sangat pentingnya diperjuangkan untuk pemberdayaan relawan Penyuluh sosial masyarakat (PSM) dalam meningkatkan dan mengelolah urusan sosial. 

"Penyuluh sosial masyarakat adalah relawan sosial adalah pekerjaan yang mulia bisa bekerja dengan relah dan punya kawan dalam penyelenggara sosial dalam menumbuh kembangkan tingkat sosial meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memgurus anak gelandangan, pengemis, lansia dan orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ, " ujarnya

Menurut anggota DPRD Sumbar dari komisi II yang sudah tiga periode tersebut mengatakan, pekerja sosial masyarakat adalah relawan yang mempunyai rasa kesadaran dan tanggung jawab serta didorong oleh rasa kebersamaan ,  kekeluargaan dan kesetiakawanan sosial secara sukarela mengabdi untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. 

"Penyelenggaraan kesejahteraan sosial tidak terlepas dari potensi, untuk itu perlunya kepengurusan PSM di bentuk yang bertujuan untuk terwujudnya penyelenggaraan sosial serta terlaksananya pelayanan sosial masyarakat, " ujar Dt Intan Bano. 

Lebih lanjut kata Arkadius Dt Intan Bano tugas mulia dari PSM adalah mengambil inisiatif dalam penanggulangan sosial, membantu mendorong , menggerakan dan mengembangkan pentelenggaraan sosial, mendampingi masyarakat yang membutuhkan pelayanan sosial dan program kesejahteraan sosial serta berperan aktif dalam program nasional sebagai mitra pemerintah dalam penyelenggaraan kegiatan sosial. 

"Untuk itu kami berharap Kepada peserta  agar setelah menerima pembekalan ini bisa turut berperan serta dalam penanganan persoalan-persoalan sosial masyarakat di lingkungan masing-masing," tukas Arkadius Dt Intan Bano. 

Sebelumnya Pemerintah provinsi Sumatra Barat melalui Dinas Sosial  Plt Kadis Sosial Provinsi Sumatra Barat Arry Yuswandi, SKM, MKM membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis Penyuluh Sosial Masyarakat mengatakan   tidak semua orang bisa jadi relawan penyuluh sosial masyarakat.

"PSM merupakan salah satu bentuk mitra kerja dalam pembangunan kesejahteraan sosial tumbuh, berkarya dan berbakti di tengah-tengah masyarakat. Peran fungsi dan tanggung jawab PSM harus mampu melaksanakan fungsinya sebagai pelaksana dan atau pendamping usaha kesejahteraan sosial di lingkungannya, " tukas Arry Yuswandi

Turut mendampingi dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang pemberdayaan sosial Dinsos Provinsi Sumatra Barat Rumainur, SE, MT, Aslam Hudin Kabid Pemberdayaan Dinas Sosial Kabupaten Tanah Datar. (**) 

Mailis

Post a Comment

Previous Post Next Post