Jadi Prioritas, Inilah Peningkatan Insfrastruktur Di Bawah Kepemimpinan Bupati Eka Putra

Realitakini.com Tanah Datar                                    
Salah satu pembangunan infrastruktur yang menjadi prioritas Pemkab Tanah Datar adalah pembangunan, perbaikan dan peningkatan hingga pelebaran ruas jalan.Untuk itu Peningkatan infrastruktur di Kabupaten Tanah Datar menjadi salah satu prioritas di bawah kepemimpinan Bupati Eka Putra.

Sebagaimana diketahui pembangunan infrastruktur memberikan peranan yang sangat penting untuk memacu pertumbuhan ekonomi di daerah dan tentunya meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Di Kabupaten Tanah Datar pembangunan infrastruktur tertuang dalam visi daerah poin ke enam yaitunya meningkatkan pembangunan infrastruktur dan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Berdasarkan catatan pada Bidang Bina Marga Dinas PUPR Tanah Datar, selama tahun anggaran 2022, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar telah mengerjakan 10 titik pembangunan jalan, 1 titik pelebaran jalan menuju standar, 3 titik rekontruksi jalan, 3 titik rehabilitasi jalan, 2 titik pembangunan jembatan, 1 titik penggantian jembatan.

Kabid Bina Marga Refdizallis menjelaskan, adapun 10 titik pembangunan jalan diantaranya Simpang balai Gamba-Simpang Balai Mato Aie di Kecamatan Batipuh, Siturah-Aua Sarumpun-Sawah Taruko Kecamatan Rambatan, Rao-Rao-Kumango-Sumaniak di Kecamatan Sungai Tarab, Lanjutan penanganan jalan bayua Kecamatan Tanjung Baru.

Simpang Bendang-Kampung Melayu Kecamatan Tanjung Emas, Jalan Pato-ingkungan-Simpang Masjid Kecamatan Lintau Buo Utara, Jorong Bukik-Kayu Marantiang Kecamatan Lintau Buo Utara, Pengaspalan Jalan Jorong panta nagari III Koto Kecamatan Rambatan, Pembangunan Jalan Kantor Wali-Sawah Biduak kecamatan Rambatan, Pengaspala Jalan Siturah-Sawah Biduak Kecamatan Rambatan.

Untuk 1 titik pelebaran jalan menuju standar yaitunya pelebaran jalan surau kariang Gurun-pasar Sungai Tarab. Sedangkan 3 titik rekontruksi jalan terdapat pada penigkatan kapasitas struktur jalan tabek akiang-SMA Lintau Kecamatan Lintau Buo Utara, Peningkatan kapasitas struktur jalan Koto Nyiur-Pamusian-Padang Lunggo Kecamtan Lintau Buo Utara, peningkatan struktur jalan Simpang Guguakputih Saidu-kapalo Koto Kecamatan X Koto.

Dilanjutkan, untuk 3 titik rehabilitasi jalan berada di pengaman jalan Andaleh Baruah Bukik-Pato Kecamatan Sungayang, Rehabilitasi jalan RSUD Ali hanafiah - Pinang Jorong Mandahiling Kecamatan Tanjung Emas, Sinanduang - Ludai - Minangkabau di Kecamatan Tanjung Emas.

Sedangkan 2 titik pembangunan jembatan yaitunya pembanguanan jembatan sialahan di Kecamatan Pariangan dan pembangunan jembatan Tapian Kelambu di Kecamatan Lintau Buo, 1 titik penggantian jembatan yaitunya, Jembatan Tanjung Batusangkar-Balai Tangah kecamatan Sungayang.

Refdizallis mengatakan, untuk kondisi jalan satusnya kewenangan Pemkab Tanah Datar tidak ada yang mengalami rusak berat, semua jalan kabupaten di Tanah Datar dalam kondisi bagus.

Terkait banyaknya jalan berlubang di Tanah Datar, Refdizalis mengatakan telah beberapa kali mengirimkan surat dan bahkan menemui langsung Pemerintahan Provinsi, karena jalan yang rusak merupakan kewenangan dari provinsi Sumatera barat.

Seperti Jalan Raya Penghubung Batusangkar-Payakumbuh, Rambatan-Ombilin, Halaban-Lintau, Batusangkat Sitangkai.(**) 

Mailis

Post a Comment

Previous Post Next Post