Tingkat Ekonomi Masyarakat, Open Tournament Bareh Solok Taekwondo Championship 2023 Sukses

Realitakini.com- Kota Solok
Open Tournament Bareh Solok Taekwondo Championship 2023, Piala Walikota Solok Kyorugi dan Poomsae yang dilaksanakan selama 4 hari, di Gedung Olahraga Alimin Sinapa Tanjung Paku Kota Solok sejak tanggal 23 sampai dengan 26 November 2023, telah sukses dilaksanakan.

Sebanyak kurang lebih 1.000 orang peserta dari berbagai kabupaten/kota Sumatera Barat (Sumbar) serta Provinsi Riau dan Jambi akan bertanding pada kelas yang telah ditentukan. Adapun kelas yang telah bertanding adalah Pra Cadet, Cadet, Junior, Senior, DSS dan PSS dengan mempertandingkan 2 kelas yaitu Kyorugi dan Poomsae.

Ketua Taekwondo Indonesia (TI) Kota Solok Efriyon Coneng sekaligus Wakil Ketua Dewan Perwakil an Rakyat Daerah (DPRD) Kota Solok, Minggu (26/11/2023), kepada media ini menyebutkan bahwa Open Tournament Taekwondo Championship ini adalah tahun keempat telah dilaksanakan di Kota Solok ini.

"Alhamdulillah, Open Tournament Taekwondo ini telah berjalan aman sukses dan lancar. Tentunya kita tidak puas sampai disini saja dan banyak hal yang harus kita benahi, terutama terhadap mengadvokasi masyarakat bagaimana kita menerima tamu, bersikap, ataupun dalam transaksi perdagangan," sebut Efriyon Coneng.

Dikatakannya, hal ini juga menjadi harapan kita kepada Pemerintah Kota (Pemko) Solok untuk mem berikan pemahaman ini pada seluruh masyarakat Kota Solok, terkhusus masyarakat di sekitar Gedung Olahraga Alimin Sinapa.

"Adab tentunya kita prioritaskan, ramah, selalu senyum terhadap tamu seperti masyarakat Jogyakarta dan Bali yang selalu ramah dan tersenyum bila berhadapan dengan tamu-tamu yang datang ke daerah nya. Karena ivent ini bukan hanya mencari prestasi namun tentunya juga harus mendatangkan efek terhadap wisata Kota Solok, UMKM, dan tentunya membentengi, sekaligus menghindari generasi muda dari pengaruh narkoba dan pergaulan bebas," jelasnya.

Selain itu, lanjut Efriyon Coneng, TI Kota Solok juga akan menggulirkan program-program ini ke sekolah-sekolah yang ada di Kota Solok nantinya. Anak muda harus kita libatkan untuk menjaga ketertiban masyarakat, tidak hanya dicap kerap melakukan tawuran.

"Tentunya multi effect player ini yang perlu kita kaji bersama Pemko Solok kedepannya. Harapan kami ivent-ivent seperti ini selalu diadakan di Kota Solok, dan tidak hanya Taekwondo saja, banyak Cabang Olahraga (Cabor) yang mesti dikembangkan, dan itu harus menjadi perhatian dan difasilitasi oleh Pemerintah Daerah," pungkasnya. 

Siti Rahmadani Hanifah, orang tua dari Raisa Aulia atlit binaan Halilintar Taekwondo Club (HTC) Fhigter Kota Padang, yang telah mendapatkan medali perak, bermain diunder 18 Pra Cadet melawan Pekanbaru berharap agar ivent-ivent seperti ini terus diadakan agar bakat anak-anak bisa tersalurkan.

Owner Media Topsumbar.co.id itu juga mengungkapkan banyak hal positif yang didapatkan oleh masyarakat Kota Solok selama Open Tournament Bareh Solok Taekwondo Championship 2023 berlangsung. Seperti UMKM, wisata dan  tentunya rumah warga yang dijadikan penginapan bagi atlit dan rombongan di sekitar lokasi pertandingan.

"Kami, para orang tua atlit dari Kota Padang saja berjumlah 24 orang, tentunya kami harus mendapat kan dua sampai tiga penginapan. Belum lagi kebutuhan kami selama di Kota Solok ini, belanja ini, belanja itu untuk mendukung bakat dari anak yang harus dikembangkan tersebut," bebernya.

Menurutnya, tentunya atlet dari provinsi tetangga juga banyak membawa rombongan, dan sudah dipastikan akan meninggalkan uang (Berbelanja) di Kota Solok, dan hal tersebut sudah pasti juga berdampak pada peningkatan ekonomi (Pendapatan) masyarakat Kota Solok. (Sy)

Post a Comment

Previous Post Next Post