Bagian Rangkaian FPM, 8 Group Ikuti Lomba Qasidah Rebana


Realitakini.com Tanah Datar                                   -Bagian dari agenda event Festival Pesona  Minangkabau (FPM), Galanggang Siliah Baganti menggelar Festival Qasidah Rabana se Tanah Datar, Jumat (08/12/2023) di lapangan Cindue Mato Batusangkar. 

Dalam sambutannya Bupati Tanah Datar yang diwakili oleh Dinas Pendidikan kebudayaan melalui Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan  Ariswandi, menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung dan merespon kegiatan tersebut. 

"Terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah turut serta dalam kegiatan Galanggang Siliah Baganti yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan even Festival pesona minangjabau, kegiatan ini merupakan tolak ukur terhadap perkembangan Qasidah kedepannya, " ujarnya. 

Hal tersebut sampai Ariswandi, Sesuai dengan amanat Bupati Tanah Datar agar tetap menjaga dan memupuk eksistensi kesenian Qasidah agar tak tergerus zaman.

"Sebanyak 8 group Qasidah Rebana turut berpartisifasi dalam kegiatan hari ini, Untuk itu panitia sudah menyediakan hadiah dengan rincian: Juara 1 Rp 2 juta, juara 2 Rp1.8 juta  dan juara 3  Rp 1.6 juta. Disamping hadiah tersebut, Pemerintah daerah juga menyediakan uang pembinaan bagi masing-masing grup Qasidah sebesar Rp 8 juta, " ujarnya. 

Sebelumnya Kepala Kantor Kementerian Agama Tanah Datar Amril dalam sambutannya mengucapkan terima kasih apresiasi kepada pemerintah daerah Tanah Datar  yang telah melibatkan jajaran Kemenag dalam kegiatan tersebut. 

"Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada pemerintah kabupaten Tanah Datar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang telah berkolaborasi serta melibatkan jajaran Kemenag dalam kegiatan lomba Festival Qasidah tingkat Kabupaten yang merupakan bagian dari kegiatan festival pesona Minangkabau, " katanya. 

Lebih lanjut Amril berharap, kolaborasi dan sinergitas yang dilakukan tersebut agar dapat dikembangkan lagi untuk masa yang akan datang dalam berbagai kegiatan baik didang umum ataupun bidang keagamaan. 

"Festival Qasidah Rebana sebagai bentuk dalam mewujudkan visi misi Kabupaten Tanah Datar yaitu menjadikan Kabupaten Tanah Datar yang Madani,  salah satunya adalah mengajak masyarakat untuk mencintai, menggemari serta memiliki kesukaan terhadap seni dan budaya yang bermanfaat dan bernuansa Islami, " tukas Amril. (**) 

Mailis

Post a Comment

Previous Post Next Post