Dibuka Resmi Staf Ahli Kemenparekraf RI, Ribuan Pengunjung Di Semaraknya FPM


Realitakini.com Tanah Datar                                   -Dibuka langsung oleh Staf Ahli Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia Nike, Even terbesar Festival Pesona Minangkabau menjadi perhatian publik dengan dihadiri oleh ribuan pengunjung, Kamis (07/12/2023) di Istano Basa Pagaruyung. 

Pembukaan diawali dengan pemukulan tontong oleh Staf Ahli kemenfarekraf) serta penampilan berbagai ragam etnik dan budaya tersebut turut di hadiri Wagub Sumbar Audy Joinaldy, Bupati Tanah Datar Eka Putra dan Wakil Bupati Richi Aprian, Bupati dan Walikota se Sumbar, anggota DPRD Sumbar Arkadius Dt Intan Bano, DPRD Tanah Datar,  Forkopimda, bundo kanduang dan undangan lainnya.

Akan berlangsung selama empat hari dari tanggal 07 - 10 Desember 2023. Seebanyak 75 nagari dari 14 kecamatan yang sudah melaksanakan progul Satu Nagari Satu Event akan berpartisifasi dalam Festival pesona Minangkabau yang sudah menjadi kalender even Nasional.

Bupati Eka Putra dalam sambutannya menyampaikan Festival Pesona Minangkabau merupakan sebuah pesta perhelatan yang berisikan seni budaya dan kearifan lokal Minangkabau. Karena melalui pelaksanaan event tersebut menampilkan kekayaan seni budaya Minangkabau yang telah dikenal di dalam maupun di luar negeri. 

"Kabupaten Tanah Datar sebagai wilayah tertua dan sebagai tempat asal usul etnis Minangkabau ikut bertanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan budaya lokal agar tidak pupus tergerus zaman, " katanya. 

Untuk itu bupati berharap agar dari bumi ranah Minang muncul api semangat untuk meningkatkan dan mengembangkan seni budaya Minangkabau, semoga kegiatan ini akan jadi pemicu dan pendorong bagi semua untuk memajukan seni tradisional yang seakan-akan terlupakan. 

Sementara itu wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengatakan Tahun ini telah terjadi kenaikan kunjungan wisatawan yang tercatat sebesar 8 juta wisatawan domestik dan 44.000 wisatawan mancanegara. Salah satunya yaitu kabupaten Tanah Datar yang rutin melaksanakan event mulai dari nagari sampai event Kabupaten. 

"Tanah Datar terdapat banyak sekali event, mulai dari tingkat nagari yang membantu geliat perekonomian masyarakat, seperti festival saat ini telah menciptakan banyak hal diantaranya lapangan pekerjaan pelaku seni UMKM, asosiasi maupun komunitas dan tidak kalah pentingnya tentunya meningkatkan pergerakan wisatawan ke Sumatera Barat, " ujarnya. 

Sementara, Menteri Parekraf diwakili Staf Ahli Nike dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas komitmen Pemerintah Tanah Datar yang selalu menggerakkan budayanya, karena itu lah Festival Pesona Minangkabau masuk kalender event Nasional.  

"Dengan melihat semangat dan komitmen dalam penyelenggaraan even budaya, Pemerintah Daerah dan partisifasi masyarakat diharapkan nantinya event Festival Pesona Minangkabau nantinya akan menjadi event nusantara, " katanya.

Untuk itu Nike berharap event bisa berjalan dengan lancar dan sukses dalam penyelenggaraan promosi dalam melestarikan adat dan budaya serta berbagai potensi daerah yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat (**) 

Mailis 

Post a Comment

Previous Post Next Post