Kembali Erupsi Gunung Marapi Sumatra Barat Lontarkan Pasir Dan Abu Vulkanik

    Foto dari vidio amatir

Realitakini.com Tanah Datar                                   -Gunung Marapi Sumatra Barat kembali beraksi dengan Erupsi abu Vulkanik yang terjadi pada pukul 14.54 Wib Minggu (03/12/2023). 

Dari laporan Media Sosial PVMBG sumber data 
KESDM, Badan Geologi, PVMBG. 
Pos Pengamatan Gunung Marapi, Telah terjadi erupsi Gunung Marapi, Sumatera Barat pada tanggal 03 Desember 2023 pukul 14:54 WIB namun tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi sementara ini ± 4 menit 41 detik.

Saat ini Gunung Marapi berada pada Status *Level II (Waspada)* dengan rekomendasi:
Masyarakat disekitar Gunungapi Marapi dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki Gunungapi Marapi pada radius 3 Km dari kawah/puncak.

Sementara itu dari informasi yang disampaikan masyarakat Yurnaidi (Mak Njang), sebelumnya informasi dengan Wali nagari dan Polsek kecamatan X Koto, yang diteruskan dalam group whatsapp untuk informasi sementara Abu Vulkanik jatuh di daerah kabupaten Agam. 

Namun dari informasi laporan wali nagari Koto Baru ada sekitar 27 orang yg melakukan pendakian melalui jalur Koto Baru dan saat ini sudah turun serta meminta Wali Nagari Koto Baru dan Pokdarwis untuk mencegah pendakian serta menutup jalu pendakian.

Sementara itu Camat X Koto Mukhlis dalam imbauannya menyampaikan agar masyarakat yang berada di sekitar Gunung Marapi agar tetap waspada . 

"Sehubungan dengan masih terjadinya letusan/erupsi susulan Gunung  Marapi kami harapkan kepada masyarakat agar tetap waspada, dan jika hujan abu/kerekel letusan Gunung Marapi mengarah ke pemukiman masing masing agar menyelamatkan dan melindungi diri antara lain memakai masker serta alat pelindung diri lainnya. Kepada Pak Wali Nagari dan perangkat memantau perkembangan yg terjadi serta berkoordinasi dg aparatur yg ada di wilayah seperti jajaran TNI, Polri, Kesehatan dan sebagainya, " tukasnya.

Sampai berita ini diturunkan Erupsi abu vulkanik masih terjadi. sumber data : KESDM, Badan Geologi, PVMBG. (**) 

Mailis

Post a Comment

Previous Post Next Post