Sukses Digelar, Bupati Eka Putra Menutup Secara Resmi Festival Pesona Minangkabau

Realitakini.com Tanah Datar                                 Festival Pesona Minangkabau (FPM) yang digelar selama empat hari dari tanggal 07 - 10 Desember 2023 resmi ditutup Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM, Minggu (10/12/2023) di Istano Basa Pagaruyung. 

Dalam acara penutupan diakhiri dengan penampilan dari Tarian Massal dari Nagari Singgalang kecamatan X Koto yang sukses menarik perhatian publik. 

Dalam sambutannnya Bupati Eka Putra mengatakan, peserta dari 20 negara tadi baru pamit dan menyampaikan rasa puas dan perasaan senang sekali dengan kenang-kenangan selama di Tanah Datar tidak akan mereka lupakan, dan tahun depan kalau kegiatan FPM digelar mereka akan ikut lagi. 

"Kalau program ini masih ada para perantau kita orang Minang yang ada di dunia akan banyak lagi berkunjung ke Tanah Datar, semua program ini apa kita akan terus dilanjutkan, kalau dilanjutkan  saya minta dukungan dari semua masyarakat semua ini Wali Nagari Mari kita tunjukkan inovasi kita kreatif kita kekompakan kita, " Kata Bupati disambut kompak dilanjutkan oleh masyarakat yang hadir di penutupan Festival Pesona Minangkabau tersebut. 

Lebih lanjut Eka Putra mengatakan kekompakan dimulai dari niat bersama, Bundo Kanduang masyarakat, Pemuda dan anak-anak muda untuk bersatu mengkaryakan satu inovasi dengan melibatkan sanggar tari yang ada di Nagari. 

"Insyaallah jika semangat kekompakan besar akan mendapatkan hasil yang terbaik dan akan memukau para penonton kita dan mendorong semangat para perantau untuk berperan aktif dalam menyukseskan kegiatan besar kita ini, itulah tujuan utama kita Kenapa diadakan di istana basa Pagaruyung, karena ini adalah puncak dari satu negara kesatuan disinilah tempatnya, " kata Bupati. 

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, ada pacu Jawi ada baluluak bajarami di Nagari kumango, yang sudah dilihat dan dikunjungi oleh para Minang diaspora Bundo Kanduang sedunia. .

"Kemarin Diaspora Bundo Kanduang sedunia sudah menonton ke sana keliling ke lokasi yang sudah ada di tempat kita,  Alhamdulillah mereka sangat senang sekali dan yang terpenting poin dari sini adalah perputaran perekonomian hotel-hotel penuh homestay penuh kita dagangannya laku ya para penjual pakaian juga dagangannya sewanya banyak dan kaki lima kita juga lagu dan alhamdulillah diperkirakan lebih kurang 7 miliar perputaran uang selama festival pesona Minangkabau, dan ini sangat penting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat kita," tukas Bupati Eka Putra. (**) 

Reporter : Mailis 

Post a Comment

Previous Post Next Post